Enggak Perlu Ngantri, Berobat ke RSUD Kini Bisa Melalui Online

0
113
Walikota bersama Direktur RSUD dan kepala OPD saat meresmikan pelayanan pendaftaran online

Sawangan | jurnaldepok.id
Untuk mengurangi antrean rawat jalan serta meningkatkan pelayanan yang efektif dan efisien, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok membuka pendaftaran online bagi pasien lama yang ingin berobat ke rumah sakit milik pemerintah daerah itu.

“Kalau untuk pasien baru tidak bisa karena diaplikasinya itu butuh nomor rekam medis. Kalau untuk pasien baru bisa menggnakan SMS Gateway yang telah kami siapkan, ini khusus rawat jalan bukan rawat inap,” ujar Asloe’ah Madjri, Direktur RSUD Kota Depok, Senin (12/11).

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi terkait system pendaftaran online, termauk ke depannya akan terintegrasi dengan layanan Depok Single Window (DSW). Hal itu tak lain untuk mendukung juga program Depok smart city.



Lebih lanjut ia mengakan, untuk bisa masuk ke dalam aplikasi pendaftaran online, masyarakat tinggal memasukkan nomor rekam medik dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sedangkan jika ada kesalahan memasukkan NIK, pasien disarankan untuk memperbarui NIK ke bagian pendaftaran di RSUD.

“Kami akan terus evaluasi pelaksanaan pendaftaran online ini, selain itu untuk pasien yang masih anak-anak bisa memakai Kartu Keluarga (KK). Ke depan juga akan kami integrasikan dengan aplikasi yang sudah dimiliki Diskominfo yakni DSW,” terangnya.

Walikota Depok, Mohammad Idris memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan RSUD. Menurutnya, dengan pelayanan pendaftaran online, akan semakin memudahkan masyarakat yang ingin berobat sekaligus mengurangi antrean pendaftaran.

“Prosedur ini bisa mempercepat pelayanan di RSUD Depok, karena tidak berbelit dan cukup masukkan data melalui situs rsudreg.depok.go.id maupun aplikasi di android,” ungkapnya.

Pernyataan itu dikatakan walikota saat menghadiri Grand Launching Pendaftaran Online di RSUD Depok. Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kota Depok juga mencoba melakukan pendaftaran secara online bersama pasien RSUD.

Dikatakannya, ke depan pelayanan di RSUD Depok akan terus ditingkatkan. Sehingga nantinya masyarakat akan semakin nyaman dalam menggunakan pelayanan yang diberikan.

“Kami tentu terus mendorong peningkatan pelayanan yang diberikan oleh ASN di Kota Depok, serta tak lupa mari bersama-sama sosialisasikan aplikasi baru yang dimiliki RSUD ini ke seluruh masyarakat,” terangnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Komisi D DPRD Depok, Pradana Mulyoyunanda. Selain mengapresiasi inovasi yang dilakukan RSUD, namun Pradana juga meminta pihak RSUD terus melakukan evaluasi terkait denga pelayanan.

“Inovasi yang dilakukan RSUD terkait pelayanan selama ini sudah cukup baik, namun hal itu harus terus ditingkatkan agar masyarakat yang datang berobat ke sini semakin puas dengan pelayanan RSUD,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here