Tim Sabhara Atasi ‘Kerusuhan’

0
50
Simulasi pengamanan yang dilakukan tim Sabhara

Cinere | jurnaldepok.id
Anggota Satuan Sabhara Polresta Depok melakukan pelatihan simulasi Anti Huru-Hara di Gitet Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kamis (8/11).

Kasat Sabhara Polresta Depok, Kompol Subandi mengatakan pihaknya menurunkan kekuatan 41 personil termasuk perwira fngsi untuk mengikuti pelatihan simulasi pengamanan dari antisipasi kerusuhan.

“Simulasi menceritakan ada sekelompok orang yang tiba-tiba mendatangi Unit Induk Transmisi Jawa Barat UPT Cawang di Gitet Gandul, para pemuda berjumlah puluhan ini langsung berbuat anarkis melemparkan benda-benda keras ke arah petugas yang sudah dilengkapi jubah dan tameng Anti Huru Hara,” ujarnya, kemarin.



Upaya mendorong mundur massa, dibawah pimpinan Kasat Sabhara Polresta Depok menginstruksikan melepaskan gas air mata ke arah massa dan membersihkan ban bekas yang dibakar, apinya dipadamkan dengan menggunakan APAR sehingga aksi demo anarkis berhasil dibubarkan dari objek.

“Peragaan simulasi yang anggota kami lakukan semua sudah sesuai protap SOP penangangan jika ada aksi massa yang anarkis saat melakukan demo,”katanya.

Dia mengungkapkan, dalam peragaan simulasi hadir Manager UPT Cawang, Amirudin, sekaligus memberikan apresiasinya juga kepada petugas khususnya anggota Sabhara bergerak cepat sebelum timbul aksi-aksi anarkis dapat diantisipasi sejak dini.

Pelatihan ini sekaligus dalam rangka peningkatan kemampuan anggota dalam mengamankan tempat-tempat objek vital (Obvit) dari potensi kerusuhan.

“Selain mempunyai tim Anti Huru Hara, kami juga ada Raimas sebagai tim pemukul jika ada situasi genting seperti anarkis, kedua tim kami ini siap maju di garda terdepan dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi,” pungkasnya. n CR1-JD

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here