Pentingya Pendidikan Politik untuk Pelajar

0
49
Walikota Depok saat memberikan sambuta dalam kegiatan pendidikan politik bagi para pelajar di Godong Ijo, Bojongsari

Bojongsari | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar acara pendidikan politik bagi pemilih pemula siswa-siswi Madrasah Aliyah dalam rangka pelaksanaan pemilu 2019 di taman rekreasi keluarga Godong Ijo, Bojongsari.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan bahwa pendidikan politik bagi pemilih pemula terutama para pelajar dirasa sangat penting.

“Sangat penting, bahwa politik ini bukan sekedar pemahaman, memang segala sesuatu dimulai dari pemahaman, tapi kesadaran. Terkadang orang yang paham politik namun ia enggak sadar berpolitik, sehingga pemahaman kesadaran ini perlu,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Selasa (6/10).



Ia menambahkan, anak-anak yang masih bersih dalam artian jiwa dan pikiran mereka dalam keterlibatan politik ataupun hiruk pikuk perpolitikan praktis di lapangan, relatif lebih bersih. Untuk mengisi kebersihan ini perlu dilakukan pendidikan.

“Kalau mereka terlibat politik praktis enggak apa-apa, kenapa tidak. Misalnya kalau keluar dari SMA atau di atas 18 tahun itu tidak masalah, karena sudah memiliki wawasan dan asupan-asupan yang menjadi imunisasi buat merka ketika berinteraksi dengan politik,” paparnya.

Jangan sampai, kata dia, pelajar tidak memiliki kesadaran politik namun langsung terjun ke dunia politik.

“Sehingga terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan. Ini ditargetkan untuk partisipasi dan kesertaan sebagai pemilih. Kami gugah mereka agar sadar untuk memilih pemimpin dan wakilnya di parlemen, jangan cuek. Karena ini sangat menentukan kebijakan-kebijakan yang diambil lewat wakilnya di parlemen,” jelasnya.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Pemerintah Kota Depok.

“Tentu kami apresiasi acara yang digagas Kesbangpol ini, dengan harapan para pelajar terutama mereka yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019 nanti,” ungkapnya.

Hadir alam acara tersebut Kepala Kesbangpol, Ketua Bawaslu, Camat Bojongsari, Kapolsek Sawangan, lurah se Kecamatan Bojongsari dan ratusan pelajar dari wilayah Depok. n Rahmat Tarmuji

 

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here