Hujan Sebabkan Genangan dan Pohon Tumbang

0
54
Salah satu titik jalan di Depok yang terendam banjir saat hujan turun, Minggu (28-10)

Beji | jurnaldepok.id
Hujan yang mengguyur Kota Depok sejak Minggu (28/10) hingga Senin (29/10) mengakibatkan pohon yang ada di Kali Tanah Baru, Kecamatan Beji, tumbang sehingga menimbulkan kemacetan lalu-lintas.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, R Gandara Budiana membenarkan adanya pohon tumbang di Kali Tanah Baru karena kondisi tanah yang labil.

“Ya anggota kamia sudah berhasil mengevakuasi pohon yang tumbang dengan menurunkan tujuh petugas,” ujarnya, Senin (29/10).



Sementara itu akibat adanya pohon tumbang mengakibatkan jalan di sekitar Tanah Baru menjadi macet seperti di Jalan Raden Sanim hingga pertigaan Poncol, Kelurahan Tanah Baru.

“Enggak biasa, macet nih, infonya ada pohon tumbang di Kali Tanah Baru yang sebagaian menutup jalan Raya Tanah Baru,”kata salah satu warga, Purba.

Tidak hanya pohon tumbang, turunnya hujan juga menyebabkan kawasan Perumahan di Sukmajaya tergenang air dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Citra Yulianti menyampaikan, selama sepekan diguyur hujan, ada tiga titik di Depok yang terkena banjir.

Ketiga titik itu ada di Bukit Cengkeh Kecamatan Cimanggis, Perumahan Taman Duta dan Pasir Putih Sawangan.

Menurut dia, tiga titik tersebut menjadi langganan banjir karena dahulu tiga perumahan tersebut adalah dataran rendah.

“Iya memang langganan banjir ini sudah lama karena daerah ini daerah dataran rendah yang kemudian dijadikan perumahan sehingga kali lama kelamaan mengecil,” ucapnya.

Citra mengatakan, sejak 10 tahun ini pihaknya intens lakukan pengerukan di kali-kali yang ada di sekitaran Depok.

Satgas Banjir rutin melaksanakan atau membersihkan sampah yang ada di saluran air atau kali.
Citra mengatakan jumlah titik banjir di Kota Depok tahun ini masih sama dengan tahun 2017 sebelumnya.

“Sudah 130 personil satgas yang telah ada di lokasi banjir untuk melakukan pengerukan di beberapa sungai kecil (kali) yang dekat permukiman warga. mereka menyebar di tiga lokasi banjir, air juga sudah mulai surut,” pungkasnya. n CR1-JD

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here