BBI Produksi Ratusan Ribu Benih Ikan

0
51
Kepala UPT BBI, M Nur Hidayat saat memantau proses penyortilan benih ikan Gurame

Laporan: Rahmat Tarmuji
Keberadaan Balai Benih Ikan (BBI) yang berada di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, kian produktif. Setiap bulannya, BBI yang berada di bawah Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok mampu memproduksi ratusan ribu benih ikan dari berbagai jenis.

Kepala UPT BBI Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok, M Nur Hidayat mengatakan, pihaknya telah memiliki target produksi benih ikan setiap bulannya.

“Memang kami fokusnya kepada ikan konsumsi seperti Gurame, Nila, Lele, Patin, Tawes dan Ikan Mas. Target kami per bulan produksi benih 100 ribu lebih,” ujar Hidayat kepada Jurnal Depok, kemarin.



Ia mengatakan, dari Januari-September 2018 ini pihaknya telah memproduksi 160 ribu ekor benih berbagai jenis ikan.

“Benih yang kami produksi kemudian kami salurkan ke Pokdakan, komunitas, sekolah, karang taruna, Kodim dan instansi lainnya. Tentu ada syaratnya, mereka harus mengajukan proposal terlebih dahulu ke dinas, proposal yang kami terima dari organisasi, lembaga, kelompok dan bukan perorangan,” paparnya.

Dikatakannya, untuk proses pembenihan tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, faktor cuaca dan kondisi air juga memiliki pengaruh yang sangat besar.

“Tahun ini saja ada kematian induk Gurame sebanyak 200 ekor, itu disebabkan oleh adanya siklus tahunan. Sementara perubahan cuaca juga rentan untuk ikan Nila,” terangnya.

UPT Balai Benih Ikan yang berdiri sejak 2015 silam saat ini memiliki 60 kolam ikan untuk pembenihan dan pembesaran. Puluhan kolam itu berdiri di atas lahan seluas dua hektar lebih.

Bendahara UPT BBI, Dodi Indratno menambahkan, saat ini ada tiga orang ASN dan delapan tenaga harian lepas untuk mengurus BBI.

 

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here