Gudang Timah Ludes Terbakar

0
60
Petugas Damkar saat melakukan pemadaman api di gudang timah milik H Ridwan

Sawangan | jurnaldepok.id
Gudang daur ulang milik H. Ridwan Fauzi alias Iwan yang berlokasi di RT 05/05 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Rabu (17/10) dinihari ludes terbakar.

Salah satu warga Abdurahman, kepada wartawan mengatakan api muncul pertama kali diketahui sekitar pukul 01.00 WIB.

“Saat itu api masih kecil, namun setelah beberapa menit api membesar dan melalap bangunan yang dijadikan gudang daur ulang,” ujarnya, kemarin.



Dikatakannya, di lokasi banyak terdapat kertas timah dan bahan kimia. Sehingga jika disiram air, api semakin memebesar. Untuk itu pemadaman menggunakan cairan khusus. Mobil pemadam yang datang ke lokasi hingga pagi kemarin sebanyak tujuh unit.

“Namun menjelang subuh api sudah bisa dipadamkan oleh petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok,” katanya.

Mengantisipasi kejahatan dengan memanfaatkan situasi dari orang tidak bertanggungjawab, Abdurahman didampingu Iyos sesama anggota Pokdarkamtibmas Sawangan Lama sampai subuh melakukan pengamanan di lokasi.

“Sebagai mitra Polsek Sawangan kami membantu pengamanan di sekitar lokasi. khususnya menjauhkan warga sekitar yang ingin melihat dari dekat peristiwa kebakaran,”katanya.

Sementara itu Kapolsek Sawangan, Kompol Suprasetyo mengatakan anggotanya diterjunkan di lokasi kebakaran dan melakukan penyelidikan atas kejadian kebakaran tersebut.

“Yang jelas tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran ini, kerugian masih belum bisa ditaksir.
Anggota Damkar masih berusaha mendinginkan api di lokasi kejadian dan kobaran api sudah bisa dipadamkan,” jelasnya.

Kepala DPKP Depok, R Gandara Budiana menambahkan, kebakaran di pabrik timah milik H Ridwan Fauzi ini pertama kali diketahui oleh warga sekitar. Saat itu api sudah membumbung dari atap bangunan pabrik, dan warga panik.

Kemudian, warga melaporkan peristiwa kebakaran itu ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok.

“Kami terima laporan warga soal adanya kebakaran pabrik timah di Sawangan sekitar pukul 00.46 atau menjelang pukul 01.00 Rabu dinihari,” katanya.

Menurutnya, petugas pemadam langsung turun ke lokasi kejadian dan mulai memadamkan api sepuluh menit kemudian.

Secara bertahap, kata Gandara, satu persatu mobil pemadam dari setiap UPT Damkar di Depok diturunkan.

“Totalnya ada 12 mobil pemadam yang kami turunkan ke lokasi pabrik timah yang terbakar untuk memadamkan api,” ungkapnya.

Dia memastikan tidak ada korban jiwa dan korban luka akibat peristiwa itu.

“Selain itu api berhasil kami cegah meluas ke pemukiman warga,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, kebakaran disebabkan karena korsleting listrik pada instalasi listrik pabrik yang sudah tua.

“Dari sana api menjalar cepat menghanguskan bangunan pabrik,” pungkasnya. n CR1-JD

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here