PKM PNJ Sumbang Komputer

0
72
PKM PNJ saat memberikan pelatihan dan sumbangan komputer kepada pegiat Bank Sampah

Laporan: Rahmat Tarmuji
Politeknik Negeri Jakarta melaui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) selain memberikan pelatihan tentang pembuatan biogas dari sampah organik, juga memberikan pelatihan yang berkaitan dengan aplikasi komputer pada pengelola Bank Sampah Melati Bersih dan Bank Sampah Mawar 3.

Sutanto selaku Ketua Pelaksana program PKM mengatakan, pelatihan komputer tersebut telah dilakukan pada minggu lalu bertempat di Politeknik Negeri Jakarta, dengan medatangkan narasumber dari Sampah Muda- Semarang.

“Sebelum acara dimulai terlebih dahulu dilakukan penandatanganan berita acara penyerahan bantuan komputer, sekaligus penyerahannya,” ujarnya kepada Jurnal Depok, kemarin.



Wakil dari Bank Sampah Melati Bersih yang hadir dalam acara itu yakni DN Indah dan Selvi Winarni mewakili Bank Sampah Mawar 3.

Materi dalam pelatihan tersebut antara lain login untuk masuk aplikasi, pengelolaan data petugas oleh admin, pengelolaan data nasabah oleh petugas dan admin, transaksi sampah dengan nasabah baru atau lama, pengelolaan jenis dan harga sampah, detail profil dan harga sampah, detail profil dan transaksi nasabah, penarikan dana nasabah, laporan transaksi dan saldo nasabah serta laporan transaksi selama kurun waktu teetentu.

“Pada pelatihan tersebut peserta diberi kesempatan untuk mencoba seluruh fitur yang telah disediakan sekaligus memberikan masukan tentang kekurangan dari sofware tersebut,” terangnya.

Menurut DN Indah dan Nina Diana, setelah mempraktekkan aplikasi komputer tersebut bahwa penulisan data transaksi nasabah lebih tertata rapi dan cepat.

“Pemasukkan data nasabah lebih mudah dibandingkan dengan cara manual selama ini , menghemat waktu dan buku tabungan dapat dikemas lebih sederhana,” pungkasnya. n


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here