‘Bentrok’ Di Depan Kantor KPU Pecah

0
185
Simulasi pengamanan Pemilu yang digelar di depan Kantor KPU Kota Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Jajaran Polresta Depok menggelar latihan simulasi pengamanan kantor KPU, di Jalan Kartini, Pancoran Mas, dalam penanganan antisipasi terjadinya kericuhan pada pelaksanaan Pileg 2019.

Dengan mengedepankan Tim Jaguar dalam pengamanan Anti Huru Hara Sabara Polres, dibantu Tim Raimas dan kendaraan taktis water canon pembelah kerusuhan, diturunkan dalam simulasi latihan pra operasional pengamanan kantor KPU.

Kapolresta Depok, Kombes Pol Didik Sugiarto mengatakan, semua personil terdari dari satuan fungsi yang ada, termasuk seluruh anggota Binmas diterjunkan dalam melakukan bagaimana cara pengamanan Pemilu.



“Tujuan simulasi yang kami laksanakan ini dalam rangka persiapan Pam Pileg, Pilpres 2019 nanti, tahapan mulai dari rangkaian kegiatan pengamanan kotak suara, aksi huru hara, serta bagaiaman penanganan aksi terror,” ujarnya, Kamis (11/10).

Dia mengaku, pelatihan simulasi ini diharapkan dapat dijadikan kesiapan anggota jika menghadapi situasi yang tidak terduga selama Pemilu.

“Jika ada kejadian kami upayakan ambil langkah prepentif. Baru setelah itu represif atau penindakan tegas,”ungkapnya.

Didik berharap dengan adanya pelatihan ini semua personil dan instansi terkait bisa menyiapkan diri dan mengevaluasi hal-hal apa saja yang perlu ditingkatkan dalam mengamankan KPU sebagai salah satu objek vital.

“Kami jajaran Polresta Depok, Kodim 0508 dan Pemkot Depok siap untuk mengamankan dan mensukses pemilu 2019. Simulasi ini melibatkan 400 personil yang didukung dari Kodim, Satpol PP, Damkar dan instansi lainnya,” jelasnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Sutomo mengatakan, anggotanya diturunkan untuk mengurai kepadatan lalulintas akibat terjadi penumpukan kendaraan di sekitar lokasi simulasi.

“Anggota telah kami turunkan di lokasi pelaksanaan simulasi. Meski arus kendaraan padat namun jalan,” tandasnya.

Sutomo mengimbau agar para pengendara bisa melalui jalur alternatif lain jika mau ke arah Jakarta selama simulasi berlangsung.

Masih dilokasi yang sama, Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengapresiasi Polresta Depok yang telah melakukan kegiatan simulasi pengamanan pemilu 2019 dari potensi gangguan.
“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian Polres terkait dengan keamanan dan ketertiban pada saat pemilu 2019 yang akan datang,” pungkasnya. n CR1-JD


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here