PDGI Cabang Depok Gelar Gamis

0
254
Ketua PDGI Cabang Kota Depok (kanan) sat menyerahkan pelakat kepada Kepsek SDN 02 Pancoran Mas

Laporan: Rahmat Tarmuji
Dalam rangka menyemarakkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Depok menggelar bakti sosial berupa Gerakan Aksi Mulut dan Gigi Sehat (Gamis) 2018.

Acara yang diselenggarakan di SDN Pancoran Mas 2 diikuti oleh 458 siswa sekolah dasar dari mulai kelas satu hingga kelas enam.

Ketua PDGI Cabang Kota Depok, Setiawan Witjaksana mengatakan bahwa kegiatan itu rutin dilakukan oleh dokter gigi yang tergabung dalam PDGI Cabang Kota Depok untuk mengabdi kepada masyarakat.



“Kegiatan ini juga dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional. Kegiatan ini ditujukan bagi anak-anak sekolah dan diberikan edukasi agar bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut yang nanti akan dievaluasi selama 21 hari,” ujarnya kepada Junal Depok.

Pihaknya memberikan semacam buku untuk melakukan evalusi kepada para siswa. Apakah mereka melaksanakan sikat gigi sehari dua kali atau tidak.

Dikatakannya, PDGI Cabang Kota Depok menggelar bakti sosial minimal setahun dua kali. Di mana, sebelumnya PDGI Cabang Kota Depok telah melakukan hal serupa di salah satu sekolah dasar di wilayah Kecamatan Limo pada hari kesehatan mulut dan gigi internasional beberapa waktu lalu.

“Kegiatan ini serentak se Indonesia, target kami 1.000 siswa dalam satu kegiatan. Kami libatkan 50 dokter gigi. Kami berharap kebiasan menyikat gigi menjadi rutinitas yang dilakukan sejak dini, sehingga dapat mencegah gigi berlubang atau penyakit gigi dan mulut, kami kenalkan sejak dini untuk kesehatan gigi dan mulut,” paparnya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Ernawati menyambut positif kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh PDGI Cabang Kota Depok.

“Kami sangat mensupport kegiatan ini, karena ini tidak bisa seluruhnya dilakukan oleh pemerintah. Kesehatan gigi dan mulut sangat penting, karena awal kita makan kan dari mulut. Kalau gigi dan mulutnya sehat serta bersih tidak akan ada penyakit yang masuk,” tandasnya.

Sementara itu Kepala SDN Pancoran Mas 2, Samsuri merasa bersyukur sekolahnya mendapatkan kegiatan bakti sosial dari PDGI Cabang Kota Depok.

Ia mengatakan, kegiatan serupa setiap tahun secara rutin dilaksanakan yang bekerjasama dengan Puskesmas.

“Terlebih saat ini diadakan oleh PDGI Kota Depok, ini sangat membanggakan sebagai bekal dan pembiasaan anak-anak dalam menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut. Kami berharap anak-anak dapat membiasakan sikat gigi sejak dini,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan sosialisasi bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar kepada ratusan siswa oleh dokter gigi yang tergabung dalam PDGI Cabang Kota Depok. n

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here