830 WNA Tercatat Tinggal di Depok

0
48
Suasana rapat Timpora

Margonda | jurnaldepok.id
Sebanyak 830 Warga Negara Asing (WNA) yang telah melapor ijin domisili tinggal di Kota Depok.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Kota Depok, Dadan Gunawan pada kegiatan pertemuan Timpora Kecamatan Cimanggis dan Tapos, di salah satu Hotel di Jalan Margonda.

Ia mengatakan, Imigrasi Kota Depok melalui Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora), akan melakukan pengawasan terhadap ijin tinggal domisili orang asing yang ada di Depok.



“Tercatat ada sebanyak 830 orang asing yang telah melapor ijin domisili tinggal di daerah Depok,” ujarnya, kemarin.

Kendati demikian, menurut Dadan kemungkinan masih ada orang asing yang belum lapor ijin tinggal domisili ke kantor imigrasi.

Untuk mengatasi masalah pengawasan orang asing dalam hal perijinan tinggal domisili, pihaknya memberdayakan semua unsur instansi pemerintahan termasuk aparatur hukum dan hingga paling bawah perangkat Lurah dan RT untuk melakukan pendataan terhadap orang asing yang menetap di lingkungan.

Melalui kegiatan rapat timpora tingkat kecematan ini, Dadan akan berbagi pertukaran informasi terhadap perkembangan informasi pertukaran orang asing yang menetap di wilayah.

“Telah kami lakukan sosialisasi tingkat RT, Lurah, Camat, hingga pemerintah yaitu Kesbangpol dalam pengawasan orang asing,”katanya.

Dikataknnya, Imigrasi tidak hanya menjalankan pelayanan hukum saja, tapi juga melingkupi pelayanan publik termasuk ijin maupun pembuatan paspor dan visa.

Dadan meminta kepada orang asing untuk taat peraturan dan wajib lapor ijin domisili ke kantor imigrasi.

Ijin domisili ini juga berlaku bagi Tenaga Kerja Asing (TKA) sesuai Perpres No.20 Tahun 2018.

“Untuk perpanjangan ijin domisili ada jenjang waktunya, mulai per 30 hari menetap, hingga sampai diperpanjang enam kali,” pungkasnya. n CR1-JD

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here