Satimah Sebatang Kara

0
54
Satimah wanita 82 tahun tergolek lemah, ia hidup sebatang kara

Laporan: Asti Ediawan
Hidup seorang diri tanpa sanak saudara pada usia senja memang bukan hal yang diinginkan oleh Satimah (82) salah satu warga Rawakalong Rw 09 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, yang kini tergolek lemah dalam kondisi sakit tanpa mendapat perhatian dari keluarga.

Menurut Misni salah satu tetangga Satimah sejak ditinggal mati suaminya pada beberapa tahun lalu, nenek renta yang tinggal sendirian dirumahnya di Rt 03/09 Kelurahan Grogol kerap menderita sakit dan kondisi tubuh wanita renta ini terus melemah bahkan kata dia akhir akhir ini Satimah tidak lagi mau makan nasi dan hanya mengkonsumsi makanan cemilan saja.

“Sebagai retangga saya tidak tega melihat seorang tua renta yang tiap hari hanya mampu terbaring tanpa bisa melakukan aktivitas lain dan karena nenek Satimah ini tidak memiliki keluarga maka saya tergerak untuk mengurusnya baik memperhatikan soal makanannya maupun kondisi kesehatannya tapi meski begitu saya juga punya keluarga sehingga tidak bisa setiap saat berada disanping nenek Satimah ,” ujar Misni.



Kondisi Satimah yang terlihat lemah akibat sakit mendapat perhatian khusus dari Hj Martiah salah satu kader PKK Kelurahan Grogol yang saat ini mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pileg 2019 mendatang.

“Seharusnya beliau ini diakomodir di rumah jompo sehingga segala kebutuhan hidupnya bisa terjamin dan tercukupi dan begitu juga dengan kesehatannya,” katanya.

Sedangkan bila dibiarkan terus tinggal di Rumah sendirian, kata dia, khawatir nanti kondisinya akan semakin tidak baik karena tetangganya yang biasa membantu seperti ibu misni tidak bisa selalu berada disamping nenek Satimah untuk itu kalau boleh saya usul kepada Pemerintah agar dapat mengakomodir Satimah untuk dipindahkan di yayasan panti jompo atau mengutus petugas sosial memperhatikan kebutuhan Satimah jika beliau tidak mau tinggal di panti, ” pungkas Martiah usai menjenguk Satimah pekan silam.


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here