Bantu Siswa Miskin, Dinas Pendidikan Kucurkan Rp 10 Miliar

0
77
M Thamrin

Margonda | jurnaldepok.id
Kabar bahagia bagi siswa kurang mampu yang berada di Kota Depok. Pasalnya tahun 2018 hingga 2019, Dinas Pendidikan menggelontorkan anggaran untuk membantu biaya sekolah bagi pelajar kurang mampu tersebut. Tidak tanggung-tanggung, dana yang dikucurkan sekitar Rp 10 miliar.

“Besarannya sekitar Rp 2 juta untuk siswa SD dan Rp 3 juta untuk siswa SMP per siswa per tahun. Adanya bantuan ini diharapkan mau dimana pun siswa melaksanakan pendidikan dapat dibebaskan dari biaya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok
Mohamad Thamrin, Selasa (2/10).

Ia menjelaskan bagi siswa jenjang SMA pun pihaknya juga telah melakukan bantuan sosial khusus siswa miskin. “Bantuan secara langsung yang akan mereka terima setiap tahunnya untuk SMA nilainya Rp 2 juta per tahun untuk setiap siswa. Itu kami kirim ke tiap sekolah yang ada di kota. Sehingga dana BOS yang berasal dari APBD ini maka akan lebih tepat sasaran,” jelasnya.



Dirinya menuturkan sebelumnya diperkirakan bantuan untuk siswa miskin diberikan, namun belum dibebaskan biaya. “Untuk 2018 ini langsung tanpa dipungut biaya,” tuturnya.

Dia mengungkapkan total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp 10 miliar. Anggaran diberikan kepada sekolah-sekolah yang memang menerima anak tidak mampu sehingga mereka bisa bebas biaya sekolah.

” Data siswa sudah kami minta setiap sekolah. Nanti kalau sudah ada datanya akan disampaikan, karena datanya itu bervariasi dan sifatnya tidak subsidi silang. Bener-bener anak ini dibebaskan dari biaya apapun di sekolah tersebut,” ungkap Thamrin.

Ia merinci jumlah siswa SMP miskin sekitar 2500. Data itu diambil dari tiap sekolah yang mengeluarkan surat keterangan tidak mampu siswanya.

“Karena permintaan awalnya siswa miskin ini ingin ditempatkan di sekolah negeri, namun daya tampung sekolah negeri hanya 20 persen. Yang 20 persen itu hanya sekitar 1200 an. Sisanya itu kemarin ke sekolah swasta,” tutupnya.nNur Komalasari

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here