PGRI dan Disdik Salurkan Bantuan Bencana ke Lombok

0
67
Kadisdik dan Ketua PGRI beserta pengurus, foto bersama usai menyalurkan bantuan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Pasca gempa Lombok penggalangan dana bantuan untuk korban musibah bencana gempa terus dilakukan dengan melibatkan berbagai elemen pendidik dan para siswa di Kota Depok.

Hal itulah yang dilakukan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Depok. PGRI melakukan imbauan dan mengeluarkan surat edaran mengenai penggalangan dana bantuan di seluruh sekolah wilayah di Kota Depok baik itu para siswa, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya.

Ketua PGRI Kota Depok, H Syamsudin menjelaskan dana digalang melalui PGRI cabang dari 11 kecamatan di Kota Depok. Kepedulian PGRI Kota Depok dan Dinas Pendidikan Kota Depok
membuat terharu penerima bantuan kemanusiaan tersebut, pada umumnya sekolah mereka rata dengan tanah .



“Bukan nilai bantuannya yang dilihat, tapi niat baik yang patut diapresiasi,” ujarnya, kemarin.

Salah satu sekolah penerima dana bantuan di Kecamatan Pamenang, Lombok Utara
mengucapkan rasa syukur atas bantuan dana tersebut.

“Karena memang itu sangat membantu keperluan dan kebutuhan operasional sekolah, anak- anak kami dan dana ini akan kami gunakan sebaik baiknya dengan ucapan penuh rasa syukur dan haru,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, penggalangan dana juga merupakan bentuk keprihatinan atas musibah yang telah menewaskan ratusan orang itu. Pihaknya berharap dana yang telah disalurkan bisa bermanfaat bagi para korban.

“Penggalangan dana juga memberikan pelajaran kepada para siswa, tentang pentingnya membangun kepedulian dan membangun solidaritas sesama manusia. Ketika solidaritas dan kepedulian ini terbangun, bisa meminimalisir sifat individualisme,” terangnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Muhamad Thamrin menjelaskan penggalangan dana bantuan itu dihimpun melalui PGRI Kota Depok, MKKS SMP Kota Depok ,dan IGTKI Depok

“Dana bantuan yang telah terkumpul melalui PGRI, MKKS, dan IGTKI sebesar Rp 390 juta,” tandas Thamrin.

Dana tersebut pada Jumat, (28/9) telah di distribusikan langsung oleh Ketua PGRI Kota Depok beserta jajaranya. Ikut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Pengurus MKKS SMP dan pengurus IGTKI Kota Depok untuk memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa di daerah Lombok Utara.

“Dana telah diberikan bagi para guru di Lombok sebesar Rp 210.000.000,00 yang telah dititipkan melalui PGRI Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bantuan itu diterima langsung oleh H Muhammad Ali, Ketua PGRI Propinsi Nusa Tenggara Barat, untuk dapat disalurkan kepada guru-guru di daerah bencana,” terangnya.
PGRI beserta Dinas Pendidikan Kota Depok, MKKS SMP, IGTKI juga menyerahkan dana bantuan langsung kepada enam Sekolah Dasar di sekitar wilayah Lombok Utara yaitu SDN Pemenang Barat, SDN 1 Malaka, SDN Gili Indah di pulau Gili Meno, SDN 2 Pemenang Timur, SDN 7 Pemenang Barat, SDN 5 Pemenang Barat.

“Bantuan diserahkan juga kepada lima Sekolah Menengah Pertama dengan nilai yang sama sebesar Rp 15 juta. SMP itu antara lain SMP 1 Pamenang, SMPN 2 Tanjung, SMPN 3 Tanjung, SMPN 1 Gangga, SMP 6 Mataram Lombok Barat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, IGTK Kota Depok juga memberikan bantuan kepada tiga TK Negeri di wilayah Pamenang untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan yang mendesak di sekolah masing masing.

“Mudah-mudahan musibah di Lombok Utara ini menjadi pelajaran bagi masyarakat akan pentingnya membangun solidaritas dan kepedulian sesama manusia,” pungkasnya.n

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here