Walikota Resmikan Uji Coba Terminal Jatijajar

0
77
Walikota bersama Kepala BPTJ dan Dishub Kota Depok bersiap melepas keberangkatan bus sebagai tanda di uji coba nya Terminal Jatijajar

Tapos | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris bersama Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono melakukan uji coba Terminal Jatijajar yang berada di kawasan Kecamatan Tapos.

“Persiapan operasional dilakukan cukup matang. Hal itu tak lepas dari komunikasi dan koordinasi Pemkot Depok dengan BPTJ. Peresmian itu dilakukan tepat dengah Hari Perhubungan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 17 September. Kami berharap uji coba tersebut berjalan lancar dan dapat terealisasi seterusnya,” ujar Idris, Senin (17/9).

Dikatakannya, setelah diuji coba, nantinya pool-pool bus yang ada di sepanjang Jalan Raya Bogor dapat masuk ke Terminal Jatijajar. Begitu juga dengan pool bus yang ilegal nantinya wajib masuk ke kawasan Terminal Jatijajar. Jika hal itu tidak diindahkan, maka akan ada sanksi bagi perusahaan bus. Saat ini terminal yang digadang-gadang termegah di Jabodetabek dapat menampung 200 bus.



“Peran Kota Depok terhadap terminal itu di antaranya retribusi, perizinan untuk daerah dari pusat, pemanfaatan ruang untuk food court yang nantinya bekerjasama dengan dinas terkait yang bisa mengurus pelaku bisnis kecil menengah,” paparnya

Idris mengatakan, untuk mencapai Terminal Jatijajar, ada beberapa trayek angkot yang dikhususkan menuju terminal seperti hal nya Angkot 06.

Sementara Kepala BPTJ, Bambang Prihartono mengatakan pihaknya mengoperasikan Terminal Jatijajar bersifat uji coba dikarenakan ada beberapa fasilitas penunjang yang masih dikerjakan seperti halnya jembatan.

“Jika jembatan telah selesai dikerjakan, maka pihaknya akan full mengoperasikan Terminal Jatijajar. Ke depan, pihaknya akan membangun Terminal Jatijajar layaknya Transit Oriented Development (TOD),” tandasnya.

Dikatakannya, uji coba Terminal Jatijajar tak lain buah dari sinergi pemerintah daerah dan pusat. Pasalnya, sambungnya, bicara transportasi tidak mengenal batas wilayah. Pihaknya akan melakukan uji coba itu sampai akhir tahun ini. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here