400 Makam Tergerus Tol Desari

0
112
Inilah TPU Kumpi Saribah yang berada di Rt 03/02 Kelurahan Grogol Kecamatan Limo

Limo | jurnaldepok.id
Sedikitnya 400 makam di taman pemakan umum (TPU) Kumpi Saribah di Rt 03/02 Kelurahan Grogol Kecamatan Limo terpaksa dipindahkan lantaran terkena proyek pembangunan jalan Tol Depok – Antasari (Desari).

Panitia penyelenggara pemindahan makam TPU Saribah Ni’an Darmawan mengatakan pelaksanaan pemindahan ratusan makam telah melalui persetujuan seluruh ahli waris makam dan pelaksanaan pemindahan dilakukan secara Islami layaknya pelaksanaan penguburan awal.

“Semua ahli waris telah menyetujui pemindahan makam keluarga mereka yang terkena pembangunan jalan tol dan kami melaksanakan ritual pemindahan makam dengan menggunakan tata cara sesuai aturan Islami dimana sebelumnya jenazah dimandikan terlebih dahulu lalu dikafani dan disholatkan baru setelah itu dimakamkan ditempat pemindahan, ” ujar Ni’an kepada Jurnal Depok kemarin.



Dikatakannya meski jumlah makam yang dipindahkan lantaran terkena tol jumlahnya cukup banyak, namun dirinya bersyukur lantaran proses pemindahan makam dapat berjalan lancar dan tidak ada kendala.

“Alhamdulillah prosesi pemindahan makam berjalan lancar dan tidak ada kendala semoga kondisi seperti ini dapat terjaga hingga semua makam rampung dipindahkan, ” imbuhnya.

Dia menambahkan untuk memudahkan ahli waris melakukan ziarah, pihaknya melakukan pemindahan dilokasi yang tidak jauh dari tempat makam sebelumnya dan pelaksanaan pemindahan disaksikan oleh keluarga ahli kubur.

“Semua perwakilan ahli kubur diundang untuk menyaksikan pemindahan makam jadi tidak ada masalah sama sekali, ” tutup Ni’an. n Asti Ediawan

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here