Tahun Depan Terminal Depok Rampung Dibangun

0
63
Terlihat beberapa alat berat yang digunakan untuk membangun terminal terpadu Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Humas PT Andyka Investa, Muttaqin memastikan pembangunan Terminal Terpadu Kota Depok akan rampung pada pertengahan tahun depan.

“Target pembangunan satu tahun, artinya sudah bisa dioperasikan. Setelah itu baru dibangun area komersial seperti apartemen, pusat perbelanjaan dan lainnya,” ujar Muttaqin kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia memastikan, setelah terminal jadi dan rampung dibangun, maka pihaknya akan menyerahkan kepada Pemerintah Kota Depok untuk dikelola.



“Tahap kedua kami rencanakan pembangunan di area stasiun, agar nantinya dapat terintegrasi antara stasiun dan terminal. Yang stasiun lagi proses karena masih di Kementerian Perhubungan dan itu harus dilelang juga, Andyka salah satu peserta nantinya,” paparnya.

Dirinya merasa bersyukur pembangunan terminal terpadu saat ini tanpa kendala yang berarti. Dikatakannya, Kementerian Keuangan sudah menyetujui dikarenakan sudah terencana sebagai TOD (Transit Oriented Development) baik di pusat maupun di daerah.

“Di Pemerintah Kota Depok sudah terencana di RPJMD, RPJP dan RTDR sudah terencana sebagai TOD. Begitu pun di pemerintah pusat, sudah direncanakan TOD, jadi sudah klop antara rencana pemerintah daerah dan pusat,” terangnya.

Terkait legalisasi dan admistrasi pertanahan di terminal, Muttaqin mengatakan bahwa itu sudah clear.

“Mungkin masih ada beberapa bidang yang belum dibebasin, memang harus dibebasin. Semua ada tiga bidang luasnya kurang lebih 500 meter dari yang ada saat ini 2,6 hektare. Kewajiban Andyka membebaskan 2.500 meter yang sudah dibebaskan 2.000 meter, jadi tinggal 500 meter lagi yang harus dibebaskan,” ungkapnya.

Terminal yang digadang-gadang termegah di Jabodetabek ini, nantinya akan terintegrasi dengan Stasiun Depok Baru, pusat perbelanjaan dan apartemen. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here