APBD Depok Naik Hampir Rp 158 M

0
102
Ketua dan pimpinan DPRD Kota Depok saat menyerahkan berita acara penandatanganan KUA-PPAS kepada Sekda Kota Depok

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar rapat paripurna dalam rangka persetujuan DPRD Kota Depok terhadap KUA dan PPAS Perubahan APBD Kota Depok tahun anggaran 2018.

Dalam paripurna tersebut tergambar APBD Kota Depok tahun anggaran 2018 naik sebesar Rp 157.992.897.869,28 atau mendekati angka Rp 158 miliar. Dengan begitu APBD 2018 mengalami peningkatan sebesar Rp 2.84 triliun dari anggaran pendapatan yang telah ditetapkan sebesar 2,69 triliun lebih.

“Kalau ada kenaikan berarti ada sebuah progress yang bagus, intinya sumber PAD nya pun sudah bisa dimaksimalkan. Dengan naiknya APBD di perubahan ini tentunya belanja harus dimaksimalkan di pos-pos yang menjadi kebutuhan,” ujar Hendrik Tangke Allo, Ketua DPRD Depok, Rabu (12/9).



Ia menambahkan, belanja anggaran masih terfokus pada masalah pendidikan dikarenakan ada rencana untuk menaikkan tunjangan guru honor, kesehatan dan infrastruktur.

Dalam kesempatan itu, Hendrik juga mengultimatum organisasi perangkat daerah agar tidak ada penamabahan anggaran kegiatan paska KUA-PPAS disahkan.

“Kalau KUA-PPAS telah ditandatangani maka ketika masuk dalam pembahasan RAPBD antara Banggar, OPD dan TAPD maka tidak boleh lagi ada penambahan kegiatan baru maupun pagu anggaran, karena sudah disepakati,” tegasnya.

Yang boleh dilakukan, kata dia, ketika ada usulan dari OPD di dalam pembahasan itu kemudian menurut banggar bisa didelete karena belum menjadi kebutuhan yang prioritas, itu bisa saja dilakukan.

“Itu bisa dihilangkan kegiatannya, namun untuk menambah kegiatan baru tidak boleh. Semua kegiatan yang dianggarkan harus by name by addres. Kegiatannya di mana, lokasinya di mana, pagu anggarannya berapa, ini harus jelas. Sekarang harus lebih hati-hati,” ungkapnya.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang saat itu diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Depok, Hardiono menyampaikan terimakasih kepada Badan Anggaran DPRD Kota Depok bersama-sama OPD dan TAPD yang telah menyelesaikan pembahasan KUA-PPAS perubahan tahun anggaran 2018 dengan baik.

“Kami berharap kerjasama badan anggaran dan TAPD dapat terus meningkat dalam rangka meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran di Kota Depok,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here