Calo SIM Disweeping

0
167
Petugas Polresta Depok saat melakukan sweeping terhadap calo pembuatan SIM

Margonda | jurnaldepok.id
Aparat Kepolisian Polresta Depok melakukan penyisiran terhadap para calo pembuatan penerbitan Surat Izin Mengemudi di Satpas SIM Pasar Segar Kota Depok.

Kasat Lantas Polresta Depok, Kompol Sutomo mengatakan, terkait hasil temuan investigasi Ombudsman terdapat praktek percaloan terselubung di jajaran Satlantas Polresta Depok unit Satpas SIM. Dari itu pihaknya melakukan upaya pencegahan.

Segala upaya dalam memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat terutama dalam pembuatan SIM, dengan terus melakukan terobosan inovasi terutama terhadap masalah percaloan.



“Untuk mengantisipasi calo di Satpas Sim Polresta Depok maupun di Pasar Segar, kami telah melakukan penjagaan ketat berupa menempatkan sejumlah personil anggota provos Polres melakukan patroli, dengan harapan bebas dari calo,” ujarnya, kemarin.

Tidak hanya menempatkan anggota provos untuk berjaga, namun sejumlah titik di setiap sudut tempat yang dicurigai sebagai tempat transaksi dugaan transaksi calo, bisa langsung tersambung ke layar pemantauan sistem yang telah dibuat anggota.

“Jika ada yang mencurigakan, anggota kami bisa langsung sigap mengambil tindakan,”katanya.

Pihaknya mengaku apa yang telah diberikan untuk pelayanan terbaik ke masyarakat masih dinilai belum maksimal.

Namun Sutomo terus berupaya memaksimalkan pelayanan demi terwujudnya sistem pelayanan Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter).

“Kami berharap ada masukan saran maupun kritik langsung ke anggota sebagai bentuk terbangunnya sistem pelayanan yang lebih baik lagi. Segala upaya apapun yang telah kami perbuat tanpa ada dukungan dari masyarakat hanya menjadi sesuatu yang biasa,” paparnya.

Jika ada penyimpangan, kata dia, atau praktek percaloan baik itu dilakukan oleh oknum atau warga sipil, masyarakat bisa melaporkan ke satuan unit Propam Polresta Depok untuk segera ditindak lanjuti.

Sebelumnya, Tim Ombudsman membeberkan hasil temuan yang dilakukan dari investigasi dan prakarsa secara rapid assesement (RA) yang dilakukan mulai dari April dan Mei 2018 dalam perbaikan pelayanan publik sesuai intruksi Presiden. Tim menemukan indikasi dugaan praktek percaloan terhadap pelayanan di Satpas Sim Pasar Segar Polresta Depok.

Masyarakat oleh calo dalam proses pembuatan SIM ditawarkan harga lebih mahal lima kali lipat dari harga Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). n CR1-JD

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here