Kota Layak Anak, Depok Kembali Sabet Nindya

Ketua TP PKK Kota Depok, Hj Elly Farida bersama asisten pemerintahan dan kepala OPD foto bersama usai menerima penghargaan Kota Layak Anak

Margonda | jurnaldepok.id
Komitmen Pemerintah Kota Depok untuk menjadikan Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA) terus dilakukan. Beberapa kegiatan dan peraturanpun diterapkan untuk melindungi anak dan hak-hak anak.

Alhasil, atas upaya tersebut untuk kedua kalinya Depok kembali menyabet penghargaan Kota Layak Anak kategori Nindya. Prestasi tersebut sekaligus mempertahankan predikat Depok sebagai Kota Layak Anak.

Katua TP PKK Kota Depok, Hj Elly Farida di sela-sela penerimaan penghargaan dalam acara puncak Hari Anak Nasional di Surabaya mengatakan, bahwa penghargaan tersebut merupakan suatu fenomena, di mana ada beberapa daerah yang prestasinya naik maupun turun.

Atas prestasi tersebut, dirinya merasa bersyukur karena predikat Kota Layak Anak kategori Nindya masih dapat dipertahankan Kota Depok. Tak hanya itu, Bunda Elly juga akan terus berupaya agar Depok ke depan meraih predikat Utama bahkan menyandang status sebagai Kota Layak Anak.

“Kami tentu tidak puas diri atas prestasi tersebut. Di mana, dirinya bersama PKK dan Pemerintah Kota Depok akan terus melakukan berbagai inovasi dan evaluasi terhadap penyelenggaraan Kota Layak Anak hingga di tingkat bawah, agar masyarakat pun lebih peka terhadap persoalan anak,” ujarnya kepada Jurnal Depok, kemarin.

Selain itu, pihaknya juga akan memperkuat lagi Depok sebagai kota sehabat anak, sehabat keluarga. Ia juga mengajak semua elemen masyarakat, aparatur pemerintah dan para stake holder untuk bersama-sama membangun sinergi mewujudkan Depok sebagai Kota Layak Anak.

Dijelaskannya, saat ini pemerintah melalui dinas terkait telah menerapkan beberapa program yang pro terhadap anak. Dia mencontohkan, pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di sana diterapkan hak-hak terkait anak, begitu pun di dinas DPAPMK yang memiliki peran untuk melindungi anak dan keluarga.

“Selain itu, pemerintah juga akan concrn terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) agar mendapatkan hak-hak yang sama,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut Kota Surakarta dan Kota Surabaya menyandang predikat Kota Layak Anak dengan kategori Utama.

Sementara Kota Depok, Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Kota Padang, Kota Magelang, Kabupaten Bogor, Kabupaten Seleman, Kota Yogyakarta, Kota Bandung, Kabupaten Tulungagung dan Kota Sawah Lunto menyandang Kota Layak Anak dengan kategori Nindya. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindugan Anak, Yohana Yambise. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here