Program SSA Dipermanen

Terlihat beberapa kendaraan sepeda motor hendak melawan arah di jalur Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika, belum lama ini

Bojongsari | jurnaldepok.id
Program Sistem Satu Arah (SSA) yang kini diberlakukan oleh Pemerintah Kota Depok di beberapa ruas jalan di wilayah Depok dalam waktu dekat bakal dipermanenkan.

Hal itu terungkap pada saat rapat koordinasi antara Pemerintah Kota Depok dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) belum lama ini. Rencananya Surat Keputusan (SK) SSA akan segera diterbitkan.

“Kami belum konfirmasi lagi, apakah Dirjen sudah tanda tangan atau belum. Yang jelas, kami telah konfirmasi bahwa suratnya telah sampai ke Dirjen,” ujar Mohammad Idris, Walikota Depok, Rabu (18/7).

Ia menambahkan, bahwa SSA yang diterapkan di Kota Depok telah dilakukan evaluasi oleh Kementerian Perhubungan dengan adanya catatan.

“Misalnya Sabtu-Minggu ditinjau kembali untuk SSA Arif Rahman Hakim, nanti ada pengecualian di situ tidak diberlakukan. Selain itu genap-ganjil bisa dilakukan di Jalan Margonda di weekand sebagai alternatif dan catatan dari Kementerian Perhubungan,” paparnya.

Selain itu, Kementerian Perhubungan juga memberikan catatan untuk memperbaiki fasilitas dan rambu-rambu, PJU dan rekayasa infrastruktur.

“Sudah permanen sistemnya, namun pembenahan infrastrukturnya ada beberapa hal yang agak sedikit sulit bagi kami. Contoh, Dewi Sartika yang belokan ke Jalan Margonda agar diperlandai jalannya, makanya harus ada pembebasan lahan,” terangnya.

Pembebasan lahan ini, kata dia, sudah dilakukan penawaran dan akan dibeli seluas 300-400 meter. Namun, sambungnya, pemilik lahan tidak mau. Pemilik menginginkan agar lahan itu dibeli secara keseluruhan.

“Kami juga mengusulkan penambahan ruas jalan ke BPTJ, yaitu terusan Jalan Juanda ke Cinere. Mereka belum bisa merealisasikan hal itu di tahun ini maupun tahun depan karena anggarannya belum ada,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah kota juga akan melakukan perbaikan jembatan Jalan Dipo yang berada di Jalan Citayam untuk mempelancar arus lalulintas.

Terkait rencana Bogor Outer Ring Road (BORR) yang bakal sampai ke wilayah Depok, Idris mengaku siap untuk menyambung akses jalan tol itu agar terhubung dengan Kota Depok.

“Itu BPTJ, harus siap menyambung itu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here