LAZ Zakat Sukses Bantu Budidaya Lele

Direktur LAZ Zakat Sukses bersama pembina kelompok tani saat memanen ikan lele di kawasan Jatimulya, Cilodong

Laporan: Rahmat Tarmuji
Sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ), LAZ Zakat Sukses Kota Depok terus berkomitmen untuk menjalankan visi dan misi nya serta program kerja yang berpihak kepada masyarakat.

Hal itu dibuktikan LAZ Zakat Sukses dengan membantu petani dan pembudidaya ikan konsumsi di kawasan Jatimulya, Cilodong.

Di mana, pembudidaya ikan lele yang merupakan binaan LAZ Zakat Sukses, kemarin mulai memanen hasil budidayanya selama kurang lebih tiga bulan.

Direktur LAZ Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli mengatakan, pihaknya memiliki lima pilar program di antaranya pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dakwah dan sosial.

“Untuk budidaya lele ini merupakan program pemberdayaan ekonomi yang kami miliki. Ini memang baru kami mulai, namun untuk pemberdayaan ekonomi ada beberapa wilayah yang telah kami terapkan,” ujarnya kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, budidaya tersebut dikembangkan oleh Posyandu Remaja (Posmaja). Di mana program itu tak lain untuk meningkatkan daya tarik masyarakat khususnya remaja agar mau mengembangkan budidaya lele dan lainnya.

Kepala Program LAZ Zakat Sukses, Akbar mengatakan kegiatan itu merupakan panen perdana dari RW binaan LAZ Zakat Sukses.

“Kami memiliki program RW Sukses Budaya, di mana program tersebut lebih kepada pemberdayaan masyarakat dengan potensi lingkungan masing-masing,” tandasnya.

Dikatakannya, masyarakat yang memiliki program pemberdayaan ekonomi nantinya akan disupport oleh LAZ Zakat Sukses.

“Ini salah satu RW binaan kami, Alhamdulillah kami buatkan tiga buah kolam yang ditanami benih 6.000 ekor. Dari 6.000 ekor ini nantinya bisa menjadi lima kuwintal. Ini program percontohan yang akan kami duplikasi ke RW lain yang ada di Depok, saat ini kami telah memiliki dua RW binaan, rencananya nanti sampai 11 RW binaan,” katanya.

Ketua Kelompok Tani binaan LAZ Zakat Sukses RW 02, Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Cilodong, Taufik Ibrahim menyampaikan terimakasihnya kepada LAZ Zakat Sukses yang telah membantu permodalan.

“Kami berterimakasih sekali atas adanya pendampingan modal, mudah-mudahan ke depan lebih bisa synergy. Ini dampaknya sangat positif bagi lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Saat ini, kata dia, yang tergabung dalam kelompok tani dewasa berjumlah 15 orang. Dirinya juga melibatkan Posyandu Remaja.

Pembina Kelompok Tani, Azharudin mengungkapkan dalam membudidayakan ikan lele harus dibarengi dengan hoby dan tidak hanya mencari keuntungan semata.

“Terkait kendala pasti ada, namun kami berupaya mensiasati itu. Idealnya angka kematian budidaya lele ini dibawah 20 persen,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here