Depok Punya Taman Nusantara

Walikota bersama Kadis DLHK saat meninjau Taman Nusantara di kawasan Beji

Beji | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris meresmikan Taman Nusantara yang ada di Jalan Nusantara, Kelurahan Beji.

Dia mengatakan pembangunan Taman Nusantara ini merupakan bantuan atas Corporate Sociality Responsibility ( CSR ) dari Bank Jabar dan pihak lainnya.

“Secara pribadi maupun pemerintahan saya sangat apresiasi sekali atas adanya Taman Nusantara sebagai Ruang Terbuka Hijau kepada semua pihak turut membantu khususnya Bank Jabar membantu dengan mengalokasikan CSR untuk pembuatan taman,” ujarnya, kemarin.

Dia mengatakan, penataan Ruang Terbuka Hijau ini merupakan sebuah pekerjaan yang mudah-mudah sulit yaitu mudah dilakukan namun banyak kesulitannya.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kota Depok selalu bermitra dengan Polres Depok beserta jajaran dibawahnya, demikian pula dengan Kodim 0508 Depok dan jajaran dibawahnya, LPM dan RT beserta RW dalam rangka menyelesaikan RuangTetbuka Hijau ( RTH ) termasuk kegiatan penertiban.

“Jadi dalam penataan ini saya harap Dinas terkait untuk saling bersinergi dan komunikasi seperti halnya pemaprasan pohon apakah dilakukan DLHK, di mana ada kabel PLN tiang dan rambu Dishub diharapkan saling berkomunikasi atau melakukan bersama-sama,” paparnya.

Dia menambahkan, luas taman itu idealnya antara 500 – 1.000 m2 ,untuk Kelurahan/ Kecamatan Beji, anggaran tahun 2018 segara dilaksanakan di daerah Depok Utara Jalan Jawa, seperti contoh di daerah Pondok Cibubur namanya Taman Pijar RW 08 Kelurahan Cisalak Pasar, perlengkapan lampu dan lainnya semua dari warga dan rasa memiliki akan taman tersebut warganya sangat tinggi dan tidak membebani pemerintah.

Hasil pembangunan Taman Nusantara ini dibanding sebelumnya jelas indah dan nyaman, namun perlu dan banyak pembenahannya karena idealnya belum masuk kriteria taman.

“Untuk itu saya berpesan kepada Ketua LPM Beji untuk sering memantau dan monitor, ajak warga untuk merawat, memelihara bahwa rasa memiliki taman ini tinggi,” katanya.

Di lokasi sama pengurus Komunitas Kampung Kita atau K3D Kota Depok, Deny Romulo mengatakan di Taman Nusantara di tembok yang dilukiskan ada gambar menceritakan seperti Situ Cilodong diharapkan situ yang ada di Kota Depok tetap dilestarikan.

Dimana di tembok itu dilukiskan pemadangan air Situ Cilodong yang berwarna biru dan keasrian Kota Depok lainnya.

“Kami gambar pohon-pohon yang menandakan bahwa itu merupakan cagar alam yang ada di Kecamatan Pancoran Mas,” tandasnya.
Deny menambahkan, kedepannya Komunitas Kampung Kita akan terus membantu Pemkot Depok dalam penataan taman dan Ruang Terbuka Hijau.

“Agenda kedepan kami akan buat taman di sepanjang Jalan Margonda dilengkapi jalur sepeda,” terangnya.

Di lokasi sama, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Beji, Nurhasan akan berusaha menjaga dan merawat taman tersebut. n Fx-Ktr

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here