PKS, Gerindra & PAN Tetap Ingin Bersekutu

Margonda | jurnaldepok.id
Meski kalah dalam mengusung calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat beberapa waktu lalu, namun Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Amanat Nasional (PAN) berharap masih bisa bersekutu dalam pemilihan presiden 2019 mendatang.

“Prinsipnya tidak ada satu Kolombia atau partai politik yang bisa membangun Indonesia sendiri, termasuk PKS. Karena itu PKS siap bersekutu dengan siapa saja yang memiliki cita-cita dan semangat yang sama,” ujar HM Supariyono, Ketua Bidang Ekonomi Keuangan Teknologi dan Lingkungan Hidup DPW PKS Jawa Barat, Selasa (10/7).

Ia menambahkan, kemenangan dalam pemilihan kepala daerah ditentukan oleh banyak faktor. Keberadaan partai pengusung dan pendukung, kata dia, hanya salah satu dari sekian banyak faktor keberhasilan.

“Untuk Pilgub Jabar kami rasa partai-partai pengusung dan pendukung pasangan Asyik sudah bekerja dengan baik dan cukup efektif, ada faktor lain yang menentukan kekalahan dan kemenangan yaitu keberuntungan. Jadi, kami merasa koalisi partai yang tergabung pada pasangan Asyik sudah cukup baik dan sebaiknya dipertahankan,” paparnya.

Namun begitu, Supariyono tidak berani memastikan apakah ketiga partai itu akan tetap berkoalisi di Pilpres 2019 nanti.

“Karena itu kewenangan DPP, tapi harapan kami bisa dipertahankan bahkan ditambah lagi supaya koalisinya bisa tambah besar,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan Wakil Ketua sekaligus LO DPC Partai Gerindra Kota Depok, Jamaludin.

Ia mengungkapkan, apa yang telah baik dalam Pilgub Jabar beberapa waktu lalu agar dipertahankan.

“Memang belum ada arahan khusus dari DPP, saat ini kami tengah fokus pada pemberkasan Bacaleg. Namun setelah ada keputusan dari DPP kami akan fatsun. Kami juga berharap tentu ada tambahan partai mitra koalisi pada pilpres nanti, karena itu akan menambah kekuatan,” tandasnya.

Target utama dari Partai Gerindra, kata dia, tak lain untuk mengusung dan memenangkan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019.

“Tentu kami sangat berharap partai yang telah berkoalisi di Pilgub Jabar dapat pula bersama di Pilpres 2019 nanti. Terlebih, kalau bicara lokal Depok partai pengusung Asyik kemarin sangat solid, buktinya Asyik menang di Depok,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Harian DPW PAN Jawa Barat, Hasbullah Rahmad mengatakan jika partainya tidak menutup kemungkinan bisa bersatu.

“Kami rasa itu memungkinkan untuk bersatu di Pilpres nanti,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here