Kloter Pertama Berangkat 25 Juli

H Asnawi

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, H Asnawi mengatakan pihaknya akan memberangkatkan jamaah haji kloter pertama pada tanggal 25 Juli mendatang.

“Alhamdulillah saat ini tinggal dua kali bimbingan manasik baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kota yang masing-masing satu kali. Pemberangkatan jamaah haji dari Kota Depok ke Embarkasi Bekasi,” ujar Asnawi kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia mengatakan, Depok mendapatkan jatah lima kloter yakni kloter 28, 30, 54, 75 dan kloter 94. Adapun jamaah haji asal Depok seluruhnya berjumlah 1.708.

Dari jumlah tersebut, sambungnya, yang full kloternya yakni 28, 30, 75 dan 94. Sementara kloter 54 jumlah jamaahnya 240 akan bergabung dengan Kabupaten Cianjur, dan 260 di kloter 94 bergabung dengan Kota Bekasi.

“Kloter pertama yang diberangkatkan yakni kloter 28 pada 25 Juli nanti. Persiapan semua telah selesai, paspornya telah kami dorong, bimbingan manasiknya telah kami laksanakan, koper nya telah kami bagikan semua termasuk pengumuman kloter sudah kami laksanakan, tinggal proses pemberangkatan,” paparnya.

Dijelaskannya, bahwa Kementerian Agama tidak memilah-milah jamaah. Dari jumlah 1.708 jamaah dikatakannya memang ada yang mengikuti bimbingan manasik di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH).

Hampir seluruh KBIH yang ada di Depok, lanjutnya, semuanya telah menyelenggarakan bimbingan.

“Ada yang ikut ke KBIH, jumlahnya bervariasi. Dari 1.708 jamaah yang ikut ke KBIH kurang lebih 1.100 jamaah. Pada dasarnya Kementerian Agama tidak memilah-milah karena kami di kementerian juga melaksanakan bimbingan manasik yang wajib diikuti oleh seluruh jamaah, jangan sampai salah presepsi,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jamaah haji berusia lanjut yang berangkat di tahun ini jumlahnya cukup banyak, bahkan ada dari mereka yang berusia di atas 75 tahun. Dirinya telah membuka akses untuk jamaah lansia.

“Karena ada aturan bagi jamaah lansia agar bisa diprioritaskan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here