Batik Tradjumas Banjir Pesanan

Pemilik Batik Tradjumas, Suharno saat menunjukkan beberapa produk yang telah dihasilkan

Laporan: Rahmat Tarmuji
Geliat pengrajin Batik Tradjumas yang bermarkas di Komplek BSI Pengasinan, Kecamatan Sawangan, jelang Idul Fitri 1439 H mengalami lonjakkan permintaan. Hal itu dibenarkan oleh pemilik Batik Tradjumas, Suharno.

Dikatakan Harno, di awal ramadhan ini pihaknya telah kebanjiran order dari beberapa pelanggannya yang ada di wilayah Jabodetabek dan Indonesia pada umumnya.

“Alhamdulillah sudah ada peningkatan, bukan hanya di dalam kota saja namun dari luar kota pun sudah banyak yang memesan. Umumnya untuk perayaan Idul Fitri,” ujar Harno kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, selain melayani pesanan individual, pihaknya juga mulai menerima pesanan batik yang berasal dari komunitas seperti keluarga besar maupun kelompok-kelompok arisan.

Dirinya memprediksi, jelang lebaran nanti pesanan Batik Tradjumas akan lebih meningkat lagi seiring semakin banyaknya permintaan saat ini.

“Ada beberapa motif yang kami produksi seperti yang khas Tradjumas ada pula yang diproduksi oleh HAKI Kota Depok sesuai dengan permintaan Dekranasda Kota Depok,” paparnya.

Jelang lebaran tahun ini pihaknya banjir permintaan dari wilayah Jabodetabek. Selain itu, beberapa orang juga memesannya untuk acara pameran.

Harno yang juga menjabat sebagai Ketua KSP Makmur mengungkapkan jika omzet nya naik dua kali lipat dibanding hari biasa.

“Alhamdulillah, jelang lebaran ini omzet bisa mencapai ratusan juta rupiah. Untuk harga batik kami jual mulai dari Rp 350 ribu sampai Rp 1,5 juta,” terangnya.

Saat ini Batik Tradjumas sudah banyak dikunjungi oleh pelajar, mahasiswa dan komunitas pecinta batik.

“Kami juga mulai diminta untuk outing class khusus anak-anak mulai dari PAUD, SD, SMP dan umum. Ke depan Batik Tradjumas juga akan membuka lembaga keterampilan dan pelatihan,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here