Kodim Akan Bersihkan Situ Sawangan

0
132
Letkol Inf M Iskandar

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Komandan Kodim 0508/Depok, Letkol Inf M Iskandar akan menerjunkan 100 lebih personelnya untuk membersihkan Situ Sawangan dari eceng gondok pada, Minggu (1/4) mendatang.

“Kegiatan bersih-bersih situ ini sebenarnya sudah kami rencanakan, Insha Allah Minggu kami bersama prajurit dan komunitas pecinta lingkungan akan terjun langsung ke Situ Sawangan,” ujar Iskandar kepada Jurnal Depok, Rabu (28/3).

Ia mengatakan, pihaknya juga akan menurunkan dua kapal yang dimilikinya untuk membersihakan situ dari eceng gondok.



“Selain itu kami juga akan menerjunkan anggota koramil yang ada di Sawangan kurang lebih 30 personel dan ada tambahan dari koramil lain. Lebih dari 100 personel, karena kami juga melibatkan masyarakat termasuk tiga pilar,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, aksi bersih-bersih situ itu merupakan bentuk kepedulian pihak TNI terhadap puluhan situ yang ada di Depok.

Selain itu, sambungnya, saat ini pihaknya pun terus melakukan inventarisasi situ-situ yang ada di Depok untuk kemudian dilestarikan.

“Kami inventarisir berapa jumlahnya, jangan sampai semuanya menjadi dangkal dan kering. Ini kegiatan pertama kami, ke depan kami akan lakukan juga di situ-situ yang ada di Depok,” ungkapnya.

Untuk melaksanakan aksi itu, Iskandar juga mengajak pecinta situ, lingkungan dan Tagana untuk ikut bergabung.

“Kami akan lakukan rapat kembali untuk mematangkan rencana tersebut,” katanya.

Dirinya berharap, dengan aksi bersih situ tersebut dapat menjaga kelestarian situ yang ada di Depok.

“Minimal bisa menjaga kelestarian alam, karena situ ini kan untuk resapan dan penampungan air, sehingga air tanah yang ada di Depok tidak semakin kering,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Djorghi membantah jika pemkot cuek terhadap kondisi Situ Sawangan.

“Alat berat/amfibi milik kami sedang bekerja di sana untuk normalisasi, bahkan sudah dua minggu. Kok dibilang cuek,” tegasnya. n Rahmat Tarmuji


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here