PDGI Depok Gelar WOHD

0
339
Walikota bersama Ketua PDGI Kota Depok saat mencontohkan sikat gigi yang baik dan benar dalam rangkaian acara WOHD di SDN Krukut 01

Laporan: Rahmat Tarmuji
Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kota Depok kembali menyelenggarakan kegiatan World Oral Health Day (WOHD) 2018, yang pada tahun ini diselenggarakan di SDN Krukut 01, Kecamatan Limo.

Kegiatan WOHD merupakan agenda tahunan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya. Federasi Kedokteran Gigi Sedunia (FDI) telah mencanangkan program WOHD agar dapat dilaksanakan di seluruh dunia.

“Di Indonesia, Pengurus Besar PDGI memberikan mandat kepada 65 cabang PDGI se-Indonesia untuk mengadakan kegiatan WOHD di wilayah cabang masing-masing, dan PDGI Cabang Kota Depok kembali dipercaya turut berpartisipasi bersama PT Unilever Indonesia Tbk yang menjadi pendukung utama WOHD di Indonesia, berkontribusi dengan menyediakan 500 sikat gigi dan pasta gigi, lembar balik edukasi kesehatan, dan model tiruan gigi,” ujar drg. Setiawan Witjaksana, SpOrt, Ketua PDGI Cabang Kota Depok, kemarin.



Ia menambahkan, sikat gigi dan pasta gigi diberikan kepada siswa/i SDN Krukut 01, sedangkan lembar balik edukasi dan model tiruan gigi diserahkan kepada pihak sekolah untuk kepentingan pendidikan. WOHD terdiri dari dua hari pelaksanaan.

“Hari pertama pelaksanaan atau biasa disebut “Kick Off” dilakukan serentak pada tanggal 20 Maret di wilayah cabang PDGI yang terlibat. Kegiatan Kick Off antara lain penyuluhan, pemeriksaan status kesehatan gigi dan mulut, serta sikat gigi bersama. Diharapkan kegiatan rutin ini dapat membawa manfaat dan pendidikan kesehatan gigi yang disampaikan di dalamnya menjadi pembiasaan baik,” paparnya.

Pada tahun 2018 ini, sambungnya, materi penyuluhan yang disampaikan yaitu mengenai empat Pembiasaan Baik, diantaranya cuci tangan, sikat gigi dua kali sehari setiap pagi dan malam, minum air bebas kuman, dan makan makanan bergizi.

Pembiasaan baik ini ditanamkan sejak dini kepada anak-anak agar menjadi rutinitas keseharian sehingga dapat menaikkan derajat kesehatan. Selain itu, diharapkan anak-anak yang terlibat dalam kegiatan WOHD ini dapat menjadi agen-agen perubahan perilaku kesehatan dan berperan aktif dalam masyarakat nantinya.

“Sejak pukul 6.30 pagi para dokter gigi peserta WOHD 2018 sudah berkumpul di SDN Krukut 01 untuk melaksanakan tugas sesuai pembagian masing-masing. Tepat pukul 7 pagi dilaksanakan acara pertama berupa penyuluhan kepada seluruh siswa. Selain 4 Pembiasaan Baik, para siswa diberikan edukasi mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar. Beberapa orang siswa juga diminta untuk mencontohkan kembali sesuai arahan yang diberikan,” paparnya.

Acara selanjutnya yaitu rangkaian pembukaan kegiatan WOHD 2018. Dipandu oleh pembawa acara drg. Nenden Siti Zahrawaani, 2 orang siswi kelas 5 mempersembahkan tari Sirih Kuning. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari pihak panitia pelaksana, sekolah, serta para tamu undangan, antara lain oleh Ketua Pelaksana WOHD 2018, drg. Nunung Baitaningsih; Ketua PDGI Cabang Kota Depok, drg. Setiawan Witjaksana, SpOrt; Kepala SDN Krukut 01, Saroji; Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, drg. Ernawati Sulistijaningrum Sanjoto, M.Kes; sera Camat Limo, H. Herry R. Gumelar. Dilakukan pula penyematan pin WOHD 2018 serta penyerahan sikat gigi dan pasta gigi secara simbolis kepada perwakilan siswa dan siswi.

Acara diteruskan dengan kegiatan sikat gigi bersama untuk kelas 1, 2, dan 3 di lapangan, sesuai dengan edukasi yang telah diberikan pada penyuluhan sebelumnya. Pada saat yang bersamaan, dilakukan juga pemeriksaan status kesehatan gigi dan mulut pada para siswa kelas 4, 5, dan 6.

Yang diperiksa antara lain ada/tidaknya gigi berlubang, gigi hilang, gigi ditambal, serta penilaian kebersihan gigi dan mulut. Hasil pemeriksaan kemudian dicatat untuk kemudian dievaluasi kembali pada hari kedua pelaksanaan WOHD, tepatnya pada Rabu 11 April 2018 mendatang. Dalam kegiatan evaluasi tersebut akan diamati dan diperiksa kembali apakah terdapat perilaku kesehatan yang diukur dari status kesehatan gigi dan mulut setelah 21 hari.

Setelah para siswa kelas 4, 5, dan 6 selesai diperiksa, waktunya bertepatan dengan kedatangan Walikota Depok, Mohammad Idris ke lokasi pelaksanaan WOHD. Para siswa, guru, serta dokter gigi yang bertugas menyambut kedatangan beliau dengan sukacita.

Sambil berjalan menuju tempat duduk yang telah disiapkan, walikota dengan ramah menyalami para siswa serta tidak henti tersenyum.

“Menjaga kesehatan gigi dan mulut itu sangat penting dan jangan ditunggu sampai sakit. Kami berharap acara ini bukan seremonial saja, akan tetapi dapat berkelanjutan,” ungkap walikota.

Setelah itu walikota secara resmi membuka kegiatan WOHD 2018, diikuti oleh penyerahan kenang-kenangan beserta plakat dari PDGI Cabang Kota Depok. Para siswa lalu dipandu oleh pembawa acara untuk melafalkan “Janji Dokter Gigi Kecil” dengan lantang.

Acara dilanjutkan dengan sesi sikat gigi bersama oleh para siswa kelas 4, 5, dan 6 dengan disaksikan langsung oleh Walikota Depok. Acara berakhir setelah panitia pelaksana menyerahkan kenang-kenangan ke pihak sekolah berupa lembar balik edukasi dan model tiruan gigi.

“Ini kegiatan yang positif untuk kesehatan anak-anak, mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut di tahun yang akan datang. Jumlah siswa yang ikut kegiatan ini sebanyak 670 siswa dari kelas satu hingga kelas enam,” pungkas Saroji, Kepala SD Negeri Krukut 01.


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here