Harga Cabai Meroket

0
101
istimewa

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Para ibu rumah tangga benar-benar dibikin pusing dengan kenaikan harga sejumlah rempah terutama cabai dan bawang dipasaran pada dua pekan terakhir, terlebih kenaikan salah satu jenis kebutuhan pokok itu mencapai dua kali lipat dari harga normal.

Nuraini salah satu pedagang sayur mayur di Jalan Sukarma Rt 03/03 Parung Bingung Rangkapan Jaya Baru (RJB), Kecamatan Pancoran Mas, mengatakan kenaikan harga rempah seperti cabai dan bawang sudah terjadi sejak dua pekan silam, namun pada akhir pekan kemarin kenaikan harga semakin meninggi dan dirasakan sangat memberatkan pembeli dan pedagang.

“Harga cabai merah kriting yang tadinya hanya berkisar antara Rp 30 hingga 40 ribu per kilogram sekarang sudah mencapai Rp 60 ribu, begitu juga dengan cabai rawit merah yang tadinya Rp 40 ribu sekarang mencapai Rp 80 ribu, sementara untuk harga cabai rawit hijau stabil dikisaran Rp 25 ribu perkilogram, ” ujar Ain sapaan akrab Nuraini, Minggu (18/3).



Selain cabai merah kriting dan cabai rawit, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih juga dirasakan sangat memberatkan terutama bawang putih yang mengalami kenaikan mencapai lebih dari 100 persen dari harga normal.

“Kenaikan harga bawang juga dikeluhkan pembeli seperti bawang putih dari Rp 15 ribu menjadi Rp 35 / kilo, sementara bawang merah kenaikannya tidak terlalu tinggi yakni dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu / kilogram, beruntung sayur mayur enggak ikut ikutan naik hanya harga pare yang mengalami kenaikan, ” imbuhnya.

Menyikapi hal ini salah satu pemerhati sosial ekonomi, Anwar Sanusi meminta kepada pemerintah untuk segera mengendalikan harga komuditas sayur mayur dan rempah sebelum masuk bulan puasa agar tidak memberatkan masyarakat.

“Ramadhan masih dua bulan lagi, harusnya harga kebutuhan pokok belum merangkak tapi nyatanya sekarang hampir semua komuditas naik. Jika ini berlanjut sampai bulan puasa maka masyarakatlah yang akan terbebani, ” pungkas Sanusi. n Asti Ediawan


BAGIKAN
Artikulli paraprakSNJ Bangun Kekuatan
Artikulli tjetërSah! DPS 1,1 Juta

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here