Milad Ke 1 Golok Depok Meriah

0
176

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Walikota Depok Mohamad Idris didampingi anggota DPRD Fraksi Gerindra Edi Masturo kemarin menyempatkan diri mengunjungi Restoran Bakoel Samara Nasi Liwet Peda di Jln Raya Parung Bingung Rw 13 Kelurahan Rangkapan Jaya Baru Kecamatan Pancoran Mas dalam rangka memperingati Milad 1 Komunitas Golok Depik.

Pada kesempatan itu orang nomor satu dijajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Depok itu dihelat melakukan atraksi uji ketahanan Golok dengan membacikan mata Golok pada kayu keras.

Dalam sambutannya Idris mengatakan sangat menyambut baik eksistensi Komunitas Golok Depok sebagai salah satu wadah para pecinta Golok khususnya Golok Betawi yang menjadi salah satu senjata khas orang Betawi pada zaman dahulu.



“Golok merupakan senjata khas Betawi pada saat jaman dahulu dan keberadaan Komunitas Golok Depok mampu melestarikan salah satu jenis warisan benda budaya dan menyatukannya dalam wadah dan ini patut dihargai, ” kata Idris.

Hal senada dikatakan anggota DPRD daerah pemilihan Pancoran Mas Edi Masturo. Politisi partai Gerindra ini mengaku sangat mengapresiasi keberadaan komunitas Golok Depok sebagai wadah melestarikan salah satu budaya Betawi.

“Bagi orang Betawi tentu sangat mengenal yang namanya Golok karena benda ini merupakan senjata para pejuang Betawi saat melawan penjajah oleh sebab itu patut rasanya jika Golok ini dilestarikan sebagai salah satu jenis benda budaya warisan para pendahulu kita, ” ujar Qyong sapaan akrab Edi Masturo.

Selain Walikota dan anggota DPRD, peringatan Milad ke – 1 Komunitas Golok Depok juga dihadiri oleh sejumlah tokoh seni budaya Betawi dan masyarakat umum.

Ketua umum komunitas Golok Depok Ahmad Tamami mengaku cukup puas dengan kemeriahan peringatan Milad ke-1 Komunitas Golok Depok seraya berjanji pada tahun depan pihaknya akan menggelar kegiatan serupa lebih meriah lagi.

“Alhamdulillah kami sangat puas karena semua pihak yang kami undang bisa hadir dan pelaksanaan rangkaian kegiatan seperti bazar Golok dan batu pandan serta penampilan atraksi ketahanan Golok serta penampilan silat yang dibawakan oleh sejumlah pesilat dari berbagai perguruan silat juga sukses untuk itu kami menghaturkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi pada penyelenggaraan peringatan harlah pertama Komunitas Golok Depok, ” pungkas Tamami. n Asti Ediawan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here