MUI Ajak Ummat Islam Tak Golput

0
63
KH Ma'ruf Amin

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat terlebih ummat Islam agar menggunakkan hak pilihnya pada pilkada, pileg maupun pilpres 2019 mendatang.

“Kami berharap pilkada, pileg dan pilpres jangan sampai merusak keutuhan bangsa, itu kan cuma mencari pemimpin, kenapa Negara harus dikorbankan,” ujar Ma’ruf kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, bahwa Negara tidak boleh dikorbankan hanya dengan kepentingan pilkada, pileg maupun pilpres. Namun begitu, Ma’ruf mempersilahkan ummat untuk memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani.



“Memilih pemimpin jangan dengan cara emosi, riang gembira saja. Jadi tidak akan ada masalah,” katanya.

Sebagai warga Negara, sambungnya, ummat Islam harus memberikan aspirasi agar pemilu memenuhi target.

“Kalau bisa 100 persen, atau jangan kurang dari 70 persen ke atas. Agar hasil pemilu nanti lebih legitimatif,” ungkapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok juga gencar melakukan sosialisasi terhadap pelaksanaan pilkada, pileg maupun pilpres 2019 mendatang. Bahkan, untuk pilkada yakni pemilihan gubernur Jawa Barat, pihak KPU Depok telah membentuk agen sosialisasi.

“Kami berharap agen sosialisai menjadi kepanjangan KPU baik dalam tahapan maupun pelaksaan. Agen sosialisasi juga diharapkan mampu memunculkan testimony masyarakat langsung terkait dengan pelaksanaan pilkada,” ujar Titik Nurhayati, Ketua KPU Kota Depok di sela-sela Bimtek Agen Sosialisasi.

Tak hanya itu, Titik juga berharap agar agen sosialisasi dapat menyampaikan dan mendidik masyarakat tentang tahapan demokrasi agar menjadi lebih sehat. Dikatakannya, tidak mungkin KPU Depok dapat bekerja sendiri untuk mensosialisasikan beberapa tahapan kepada pemilih di Kota Depok yang jumlahnya kurang lebih 1,3 juta jiwa.

Ia menambahkan, nantinya diharapkan agen sosialisasi KPU dapat mensosialisasikan proses Pilgub lebih luas.

“Kami berharap bersama-sama bisa mensukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih. Kami juga begrharap Pilgub 2018 ini bisa semarak dan masyarakat menyambut dengan gembira,” paparnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here