2019 PAD Ditarget Naik

0
137
Walikota Depok, Mohammad Idris saat membuka forum OPD Badan Keuangan Daerah

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) naik 9,26 persen pada tahun 2019. Hal itu dikatakan langsung oleh Walikota Depok, Mohammad Idris usai membuka acara Forum OPD Badan Keuangan Daerah (BKD).

“Untuk di 2019 peningkatan sebesar Rp 1,9 triliun untuk tahun depan dari yang saat ini Rp 1,1 triliun atau naik sebesar 9,26 persen,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Rabu (14/2).

Idris yang saat itu didampingi Kepala BKD, Nina Suzana mengatakan peningkatan target PAD akan digenjot dari sektor pajak, investasi maupun retribusi.



Ia menambahkan, bahwa kondisi keuangan Kota Depok saat ini dalam keadaan aman. Di mana, anggaran pendapatan tahun ini Rp 2,4 triliun dan anggaran belanja Rp 2,8 triliun.

“Kekurangan atau deficit ini dapat ditutupi dari pembiayaan, klausulnya macam-macam, Alhamdulillah bisa ditutup dengan dana pembiayaan seperti bagi hasil maupun Silpa, semua bisa tertutupi,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, Idris juga menyampaikan di tahun ini atas bantuan pemerintah pusat, Depok akan menambah satu pasar lagi di wilayah Sawangan. Dibangunnya pasar Type C di wilayah Sawangan tak lepas atas keberhasilan pemerintah kota dan pusat dalam membangun Pasar Musi.

“Pengajuan pasar di wilayah Kelurahan Sawangan Baru sudah kami ajukan sebelumnya. Perhitungan kami progresnya sudah mencapai 70 persen. Ini bantuan dari kementerian, nilainya kurang lebih Rp 4-6 miliar,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Depok hanya menyediakan lahannya saja, sementara yang membangun pasar tersebut langsung dari kementerian.

“Itu memang asset pemkot, kalau mau diperluas ceriatanya lain lagi. Luasnya kurang lebih 3.000 meter,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here