Korban Banjir Bebenah

0
134
Warga Pondok Cina dibantu aparat TNI/Polri, Tagana dan komunitas bahu membahu membersihkan lumpur sisa lupan air Kali Ciliwung yang meluap pada Senin (5/2), sore

Beji | jurnaldepok.id
Ratusan korban banjir di Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji, kemarin mulai bebenah membersihkan rumah dan lingkungan tempat tinggal mereka. Lumpur yang naik ke pemukiman warga pun turut dibersihkan.

Menurut Ketua LPM Pondok Cina, H Munir HM sedikitnya ada ratusan warga di empat RW yang rumahnya terendam banjir.

“Di RT 04/01 yang terkena dampak banjir jumlah KK nya 23 dan 91 jiwa, RT 02/02 jumlah KK 31 dan 111 jiwa, RT 03/05 jumlah KK 6 dan jumlah jiwa 18, RT 04/06 jumlahnya 3 KK dan empat jiwa. Dengan begitu jumlah KK yang menjadi korban banjir mencapai 63 KK dan 224 jiwa,” ujarnya kepada Jurnal Depok, Selasa (6/2).



Ia menambahkan, pada saat banjir melanda rumah warga yang terdiri dari 63 kepala keluarga (KK) terendam setinggi dua meter. Pihaknya dibantu RT/RW, komunitas dan karang taruna termasuk Komunitas Kancil bahu membahu membantu membersihkan lingkungan.

Sejak kemarin, warga yang sebelumnya sempat mengungsi ke dataran tingga telah kembali lagi ke rumah masing-masing.

“Saat ini kondisi air sudah surut. Kami juga dibantu oleh TNI/Polri melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan,”paparnya.

Terkait bantuan, pihaknya merasa bersyukur bahwa masyarakat sekitar peduli untuk membantu para koraban banjir. Dari hasil swadaya itu, mereka menyiapkan sekitar 200 nasi bungkus untuk para korban banjir, termasuk bantuan dari Tagana beruapa nasi dan mie instan, partai politik dan para pengusaha sekitar lokasi.

Lebih lanjut ia mengatakan, bantuan pakaian belum dianggap perlu dikarenakan warga yang menjadi korban banjir lebih dahulu menyelamatkan barang dan pakaian milik mereka.

“Memang wilayah kami ini berada di dataran rendah, kami terus berbagi informasi dari Katulampa agar masyarakat siap siaga,” katanya.

Hingga kemarin, sambungnya, belum ada warga yang menderita sakit lantaran musibah tersebut. Namun begitu, pantauan dari Dinas Kesehatan telah masuk ke lokasi dan memantau kesehatan warga. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here