PAN-Demokrat Lolos Verfak

0
96
Ketua DPC Partai Demokrat dan Ketua DPD PAN Kota Depok beserta pengurus ketika menerima berita acara hasil verifikasi faktual

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok kemarin melakukan verifikasi faktual (Verfak) di hari terakhir. Di pagi hari, KPU melakukan verfak terhadap dua partai politik yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat (PD). Hasil verifikasi, kedua partai tersebut dinyatakan lolos dan memenuhi syarat (MS).

“Alhamdulillah, kami dinyatakan lolos dan memenuhi syarat oleh KPU sebagai partai peserta pemilu di 2019. Terimakasih kepada seluruh kader yang telah ikut hadir dalam verifikasi faktual ini,” ujar H Igun Sumarno, Ketua DPD PAN Kota Depok, Kamis (1/2).

Dalam kesempatan itu, pihaknya menghadirkan pengurus dan anggota yang namanya telah masuk dalam Sipol. Alhasil, tidak ada kesulitan berartai dalam verfak yang dipimpin oleh Komisiponer KPU Kota Depok, Nana Shobarna.



“Sebenarnya untuk verifikasi faktual di internal partai sudah kami lakukan jauh-jauh hari. Hal itu kami lakukan setiap kali menggelar rapat internal. Prinsip kami yaitu bagaimana mesin partai bisa jalan sementara spare part nya ada yang rusak,” paparnya.

Igun yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Depok mengatakan, sedari awal pihaknya meyakini partainya akan lolos verifikasi. Sebanyak 77 orang pengurus DPD PAN Kota Depok seluruhnya hadir 100 persen dalam kegiatan tersebut.

Hal serupa juga terjadi pada DPC Partai Demokrat Kota Depok. Sejak pagi hari, ratusan kader partai berlambang mercy itu telah memadati kantor DPC Demokrat yang berada di kawasan Sukmajaya.

“Kami bersyukur partai kami lolos dan memenuhi syarat, dari awal kami memiliki keyakinan itu. Keterwakilan pengurus baik di tingkat kota maupun kecamatan hingga kelurahan pun turut hadir dalam verifikasi faktual ini, sehingga tidak ada kesulitan untuk mencocokkan data keanggotaan,” tandasnya.

Terkait target perolehan kursi pada pileg 2019 mendatang, Partai Demokrat juga meyakini jumlah kursinya akan bertambah di DPRD Depok. Hal itu seiring dengan semakin baiknya citra partai dan ditempatkannya bacaleg yang mumpuni di setiap dapil.

“Untuk caleg ini luar biasa, bahkan ketertarikan dari eksternal partai ini sudah mulai kelihatan. Di mana, sudah ada puluhan caleg dari eksternal partai yang mendaftarkan diri untuk menjadi caleg Partai Demokrat,” ungkapnya.

Komisioner KPU Kota Depok Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Nurhadi mengatakan di hari terakhir kemarin pihaknya melakukan verfak terhadap lima parpol di antaranya PAN, Demokrat, Golkar, PDIP dan Partai Garuda.

“Dari yang sudah diverifikasi faktual, delapan parpol secara umum memenuhi syarat. Bagi yang belum memenuhi syarat kan secara aturan bisa diperbaiki. Kami menyesuaikan apa yang ada di Sipol dan kondisi faktual yang ada di lapangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, verifikasi faktual meliputi kepengurusan, keanggotaan, status kantor dan keterwakilan 30 persen perempuan.

“Nanti yang berhak mengumumkan lolos atau tidaknya KPU RI pada tanggal 17. Kami hanya mencatat kondisi riil nya kemudian melaporkan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here