Panwaslu Gandeng Pemilih Pemula

0
130

Cilodong | jurnaldepok.id
Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bagi Pemilih Pemula Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2018. Acara tersebut digelar dua kali yakni Senin (30/10) dan Rabu (1/11).

Acara yang digelar di Gedung Sasono Mulyo Kalimulya, Cilodong, diikuti ratusan peserta yang terdiri dari pelajar, pramuka dan ormas kepemudaan

“Pilgub Jabar 2018 adalah pesta demokrasi rakyat Indonesia, khususnya Jawa Barat termasuk di dalamnya segmen pemilih pemula,” ujar Dede Selamet Permana, Ketua Panwaslu Kota Depok, Senin (30/10).



Ia menambahkan, Pilgub Jabar harus terlaksana sesuai dengan azas dan prinsip sebagaimana telah diatur dalam per Undang-Undangan, maka perlu diawasi pelaksanaannya.

Dikatakannya, pemilih pemula memiliki peran penting dalam pengawasan pelaksanaan Pilgub Jabar, maka perlu dilakukan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi pemilih pemula agar membangun rasa memiliki dan keinginan untuk ikut mengawasi Pilgub Jabar.

“Salah satu wujud partisipasi pemilih pemula dalam pengawasan Pilgub Jabar yaitu dengan ikut memantau pelaksanaan tahapan dan memberikan informasi atau laporan kepada Panwas jika ada dugaan pelanggaran pemilihan,” katanya.

Sementara itu M Syamsu Rahman, Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Depok mengatakan kegiatan itu sesuai dengan tagline Bawaslu yakni ‘Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu’.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut di antaranya Ketua dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kota Depok serta Komisioner KPU Kota Depok, Nurhadi. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here