Kiai se-Nusantara Kumpul di Al Hikam

0
107

Beji | jurnaldepok.id
Pondok Pesantren Al-Hikam Depok menghadirkan kiai muda, ulama, pimpinan pesantren dan cendekiawan se-Nusantara. Kehadiran para tokoh agama tersebut dalam rangkaian acara Halaqoh Nasional Ulama Pesantren Dan Cendekiawan Gerakan Dakwah Aswaja Bela Negara, sekaligus memepringati Hari Sumpah Pemuda.

“Ini adalah kelanjutan dari acara yang digagas alm. KH Hasyim Muzadi. Kalau sebelumnya, yang hadir para ulama atau kiai sepuh, nah sekarang yang hadir kebanyakan kiai muda atau Gus,”ujar Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hikam, KH Yusron Sh-Shidqi, kemarin.

Yusron mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut bagian dari silaturahmi dengan kiai muda atau pengurus pesantren. Menurutnya, dalam momentum Sumpah Pemuda sebagai ajang kaderisasi gerakan Aswaja Bela Negara.



Pasalnya, kata dia, keutuhan dan kuatnya NKRI ada di tangan pemuda. Ia menilai, kiai muda dan Gus yang menghadiri acara adalah tokoh pemimpin di daerahnya masing-masing.

“Kedepan kami akan mengadakan pendidikan Aswaja bagi kiai muda di Institut Hasyim Muzadi. Dengan adanya Diklat Aswaja tersebut juga dalam upaya menyongsong 100 tahun NU,”harapnya.

Dikatakannya, dalam acara tersebut sedikitnya 100 kiai muda, ulama, pimpinan pesantren dan cendekiawan Nusantara hadir. Sejumlah kiai muda nampak hadir seperti Gus Firzon Putra, KH Ahmad Siddik (pejuang khittah NU), Gus Alvian Putra, KH Muchit Muzadi, KH Hilmi M Hasbullah cucu KH Ali Maksum Krapyak, KH Afifudin dari Situbondo, Gus Reza dari Pesantren Blok Agung Banyuwangi dan lainnya.

Acara yang digelar selama tiga hari tersebut rencananya akan dihadiri narasumber seperti dari BNPT, BIN, Ketum PPP Romahurmuzi, Kemenhan RI dan tokoh Nasional lainnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here