8 Parpol Terancam Tak Bisa Ikut Pemilu

0
393
Titik Nurhayati

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok hingga sore kemarin baru menerima lima partai yang menyerahkan dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019. Dua partai merupakan partai peserta pemilu 2014 yakni PDI Perjuangan dan NasDem.

Sementara delapan partai peserta pemilu 2014 lainnya yakni Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, PAN, PPP, PKB dan Hanura hingga kemarin belum datang ke KPU dan menyerahkan dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019.

“Partai yang sudah datang menyerahkan dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 dan dinyatakan lengkap serta cocok dengan Sipol hingga sore ini (kemarin,red) di antaranya PDI Perjuangan dan Nasdem, serta partai pendatang baru yakni Perindo, PSI dan Partai Berkarya,” ujar Titik Nurhayati, Ketua KPU Kota Depok, Minggu (15/10).



Kemarin, Titik sebenarnya juga menerima pengurus Partai Idaman, namun berkas yang diserahkan Partai Idaman dikembalikan lantaran partai tersebut belum mendaftar di KPU pusat.

Titik berharap parpol dapat menyerahkan dokumen persyaratan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019, jauh hari setelah dibuka pada 3 Oktober lalu. Pasalnya, batas waktu penyerahan dokumen tersebut terakhir pada hari ini, Senin (16/10).

“Terakhir besok (hari ini,red) pukul 24.00 WIB. Kami berharap parpol memperhatikan waktu penyerahan dokumen persyaratan parpol. KPU RI melalui SE 580 tetap menekankan bahwa parpol memenuhi dan mengantarkan dokumen persyaratan parpol sampai batas waktu maksimal,” paparnya.

Tak hanya itu, sambungnya, di dalam PKPU ditegaskan yang tidak mengembalikan berkas perbaikan sampai hari terakhir tidak diperbolehkan untuk mengikuti proses admistrasi. Dengan kata lain, parpol tersebut tidak bisa ikut atau menjadi peserta pemilu pada 2019 mendatang.

Menyikapi hal itu Ketua DPC PDI Perjuangan, Hendrik Tangke Allo berharap KPU dan Panwas tunduk dan mengikuti aturan Undang-Undang serta tetap memperhatikan batas waktu penerimaan dokumen parpol.

“Kalau sudah melewati batas waktu penerimaan atau ada dokumen yang belum lengkap, ya harus ditolak dan jangan diterima,” tanggapnya.

Dikatakannya, bahwa PDI Perjuangan mengapresiasi pendaftaran parpol melalui Sipol yang dianggap sangat memudahkan bagi parpol untuk melakukan pendaftaran.

“Kami sangat terbantu dalam menginventarisir keanggoataan kami. Sebenarnya parpol sudah diberikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan berkas. Kalau tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu, ya itu resiko yang harus diterima. Jadi, jangan main-main dengan batas waktu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here