RSUD Simulasi Safety Briefing

0
325

Sawangan | jurnaldepok.id
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok menggelar safety briefing. Kegiatan itu merupakan pengenalan tanda-tanda keselamatan apabila ada kejadian bahaya atau bencana di lingkungan RSUD Kota Depok. Hal itu dibenarkan Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri.

“Dalam pelaksanaannya diselenggarakan disetiap awal kegiatan rapat dengan undangan atau tamu yang berasal dari luar lingkungan RSUD. Tentunya, ada informasi atau pemberitahuan terlebih dahulu,”ujarnya, kemarin.

Ia mengungkapkan, salah satu tujuannya adalah agar para tamu atau undangan mengetahui cara menyelamatkan diri dan evakuasi apabila terjadi situasi bencana seperti gempa bumi, kebakaran dsb.



“Tentunya, tidak hanya dalam bentuk materi saja, tapi juga simulasi. Seperti dalam simulasi tersebut, dimulai dengan informasi adanya kebakaran. Dari pengeras suara mengumumkan kepada pengunjung, tamu undangan untuk melakukan evakuasi diri.

Sirine berbunyi, pengeras suara menganjurkan agar tetap pengunjung RSUD Depok tenang, melalui tanda darurat, melepas sepatu high heel dan lainya.

“Selanjutnya, para pengunjung diminta jalan merunduk, menjauhi asap, serta mengikuti petunjuk arah evakuasi oleh petugas menuju keluar gedung,”terangnya.

Kasie Pelayanan Medis RSUD Depok, Dayu Satriani mengungkapkan bahwa dalam safety briefing diadakan simulasi kebakaran dan bencana alam. Dalam kesempatan tersebut diikuti Direktur RSUD Depok, seluruh perwakilan dari unit atau instalasi, nampak pula artis komedi Ucup Nirin serius dan antusias sekali dalam mengikuti safety briefing.

“Ini juga ada shooting untuk pengambilan gambar safety briefing dalam simulasi penyelamatan kebakaran maupun bencana. Tentunya, biar masyarakat dan pengunjung lebih paham tentang tanda-tanda penyelamatan,”tandasnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here