Cegah Kanker Serviks

0
129

Laporan: Rahmat Tarmuji
Sebagai salah satu lembaga yang melakukan upaya preventif, promotif, suportif, dan bahkan kuratif bagi kasus kanker di Kota Depok, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Depok kini memiliki kepengurusan baru.

Ke depan tugas besar tersebut harus lebih ditingkatkan lagi oleh pengurus baru yang saat ini diketuai oleh Elly Farida, sehingga dapat meminimalisir penderita kanker di Kota Depok.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris menekankan, permasalahan kanker ini bukan hanya menjadi masalah pemerintah saja, atau hanya masalah YKI saja, tetapi masalah seluruh pihak termasuk masyarakat, dunia usaha, hingga perguruan tinggi.



“YKI ke depan bisa melibatkan secara aktif dunia usaha hingga perguruan tinggi yang ada di Kota Depok dalam hal pencegahan kanker di masyarakat. Hal ini perlu dikuatkan kembali,” ujar Mohammad Idris, usai memberi sambutan dalam pengukuhan pengurus baru Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Depok periode 2016-2021, di Aula Balai Kota, Rabu (11/10).

Dirinya memberikan harapan besar pada para pengurus yang baru dilantik agar bersama masyarakat, sukarelawan, organisasi profesi, dan pemerintah, untuk tetap berkomitmen mendarmabaktikan kemampuannya dalam upaya menanggulangi kanker.

Dia juga memberi masukan agar ke depan YKI Cabang Kota Depok dapat mengadakan program pendataan penderita kanker di Kota Depok bekerja sama dengan Bapplitbangda maupun lembaga survei lainnya. Hal ini diperlukan agar terlihat di titik-titik mana dari 11 kecamatan se-Kota Depok yang terdapat pasien kanker.

“Penyakit kanker merupakan penyakit kedua setelah jantung, ini harus menjadi perhatian serius kita semua untuk lebih proaktif dalam pencegahan maupun pendataan penderita kanker,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua YKI Cabang Kota Depok, Elly Farida menuturkan, nantinya YKI akan mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada penyakit kanker. Karena dalam mencegah dan memberantas kanker merupakan kerja kolaboratif, sehingga tidak bisa hanya diselesaikan dengan satu komponen bangsa saja.

“Kami akan mengadakan kegiatan yang berdampak lebih besar ke masyarakat, semisal memberikan pemahaman untuk tidak pasrah begitu saja pada kanker. Namun, tetap harus semangat dalam memerangi kanker bagi yang sudah menderita,” pungkasnya.

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here