Urus Perizinan Kini Bisa Online

0
635
Yulistiani Mochtar

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok melakukan inovasi dibidang pelayanan perizinan. Di mana, dinas tersebut saat ini membuka secara online untuk pengurusan Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP).

“Untuk SIUP dan TDP sudah bisa diakses secara online, jadi pemohon bisa mengurus itu secara online. Ke depan akan kami tambah delapan item jenis perizinan yang bisa online,” ujar Yulistiani Mochtar, Kepala DPMPTSP Kota Depok, Senin (9/10).

Ia menambahkan, pendaftaran bisa dilakukan secara online namun pemberkasan harus tetap dilakukan secara manual. Hal itu dikarenakan harus dilengkapi dengan scanner. Sementara untuk IMB masih manual.



“Nanti semuanya mengarah ke online. Pelayanan online ini tak lain untuk memudahkan masyarakat mengurus perizinan. Dengan begitu, masyarakat dapat mengurus perizinan dari mana saja dan kapan saja,” paparnya.

Dikatakannya, setiap hari pihaknya melayani kuyrang lebih 100 pemohon dari berbagai jenis perizinan yang ada di dinasnya.

“Untuk pelayanan online yang menyangkut verifikasi kami lakukan secara manual dan scan kami siapkan. Mudah-mudahan layanan online ini sesuai harapan masyarakat dalam perkembangan zaman di era digital dan mewujudkan Depok sebagai smart city, serta memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi DPMPTSP, Drajat Karyoto mengatakan delapan jenis pelayanan izin secara online yang akan ditambah pada 2018 di antaranya Izin Usaha Pariwisata, Izin Usaha Jasa Konstruksi, Izin Pelayanan Kesehatan Swasta, Tanda Daftar Gudang, Izin Usaha Toko Modern, Izin Usaha Pusat Perbelanjaan, Izin Mempekerjakan Tenaga Asing dan Izin Reklame.

“Yang sudah jalan SIUP dan TDP, nanti yang delapan itu menyusul di 2018,” tandasnya.

Terkait dengan verifikasi data dalam perizinan online, dikatakannya pihaknya tetap melakukan hal tersebut.

“Baik kekurangan data maupun kelengkapan data kami sampaikan melalui email pemohon, kalau sudah lengkap tentu langsung diproses,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here