Perindo Resmi Daftar ke KPU

0
165

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) secara resmi menyerahkan berkas dokumen pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok sebagai salah satu persyaratan partai politik peserta pemilu 2019.

“Penyerahan dokumen ini berdasarkan instruksi dari DPP yang menyerahkan serentak dari pusat di 34 provinsi dan 514 DPD kota/kabupaten seluruh Indonesia. Ini harinya Partai Perindo, selain penyerahan serentak, hari ini juga berbarengan dengan HUT ke-3 Perindo pada 8 Oktober kemarin,” ujar Anwar Nurdin, Ketua DPD Partai Perindo Kota Depok, Senin (9/10).

Ia mengatakan, pihaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan kelengkapan dengan pengurus di DPD. Pihaknya menunggu instruksi dari pusat untuk penyerahan berkas ke KPUD.



“Kami menyerahkan dokumen dan persyaratan yang diminta seperti 2.000 KTP dan KTA, SK, domisili, Kesbangpol dan beberapa berkas lainnya yang dimandatkan ke LO. Di sini kami hanya mendampingi,” paparnya.

Ia berharap agar Partai Perindo dapat melewati tahap verifikasi dan turut serta menjadi peserta Pemilu di 2019 mendatang.

“Tentunya kami berharap bisa melewati seluruh tahapan verifikasi dengan baik dan dapat menjadi salah satu peserta Pemilu,” harapnya.

Ia menambahkan, setelah ini pihaknya akan aktif mensosialisasikan visi dan misi Partai Perindo ke akar rumput, serta menjalankan program-program yang telah disusun oleh DPP untuk Kota Depok.

“Dua minggu kedepan, mungkin kami akan menggelar baksos, sambil menunggu perkembangan terbaru terkait verifikasi,” tandasnya.

Ketua Divisi Hukum KPU Kota Depok, Ahmad Arif mengatakan pihaknya menghargai proses internal yang ada di partai dalam rangka instruksi penyerahan dokumen serentak.

“Ada beberapa yang perlu disampaikan, terkait proses penerimaan berkas ini, intinya yang mendaftar di KPU RI. Kemudian, KPUD menerima salinan apa yang didaftarkan di sana, yakni KTA dan e-KTP. Dalam proses pendaftaran ini, berkasnya kami terima, untuk diproses,” tandasnya.

Prosesnya sendiri, kata dia, adalah mengecek kesesuaian antara yang didaftarkan ke KPU RI melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan berkas yang diserahkan ke KPUD.

“Pertama kami terima berkasnya, kemudian kami proses, hasilnya kami menunggu apa yang didaftarkan KPU RI melalui akses Sipol. Jadi menunggu di Sipol ini berapa jumlahnya, nanti kami cocokan dengan data yang dibawa,” paparnya.

Secara berkas, kata dia, bisa diterima KPU Kota Depok. Namun, secara proses masih menunggu data dari Sipol yang ada di KPU RI.

“Kalau pagi ini didaftarkan ke KPU RI, dalam waktu dekat akan muncul di Sipol. Saat proses pun ada perwakilan dari LO untuk sama-sama dilihat, setelah itu dibuatkan tanda terima jika sudah lengkap,” tandasnya.

Proses penyerahan berkas tersebut juga diikuti dengan pawai simpatik yang dilakukan oleh massa Perindo. Ratusan kendaraan ikut mengiringi dan memeriahkan penyerahan berkas tersebut. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here