186 Penyelamatan Dilakukan Damkar

0
332
Aksi penyelamatan yang dilakukan oleh Damkar Depok dalam kegiatan simulasi beberapa waktu lalu

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Setelah tugas pokok dan fungsinya ditambah dengan penyelamatan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok telah melakukan 186 kali penyelamatan selama Januari hingga Agustus 2017.

“Kaitan penyelamatan dan penanganan bencana cukup banyak, sampai akhir Agustus kemarin itu mencapai 186 kali melakukan penyelamatan. Hal itu meliputi evakuasi banjir, pohon tumbang, kucing masuk sumur, sapi masuk sumur atau bayi dibuang ke sumur termasuk kera liar juga kami amankan,” ujar Yayan Arianto, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, kemarin.

Tak hanya itu, pihaknya juga sering melakukan penyelamatan terkait nyawa manusia seperti halnya orang yang hendak bunuh diri dari tiang listrik maupun tiang tower, termasuk menyelamatkan tukang gali sumur.



“Kami juga selalu rutin melakukan pencarian mayat di Kali Ciliwung, termasuk evakuasi sarang tawon,” paparnya.

Selain wilayah kerjanya di Kota Depok, Damkar Depok juga sering diminta bantuan daerah penyangga untuk melakukan penyelamatan dikarenakan di daerah tersebut tidak memiliki alat yang memadai.

“Korban jiwa 9, luka berat lima dan luka ringan lima itu termasuk korban yang di daerah penyangga. Ketika kami diminta bantuan ya kami bantu, dikarenakan daerah di luar Depok tidak memiliki alat yang bisa menelusuri di dalam air, dan Depok punya itu, makanya kami bantu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here