Strike…Patin 60 Kg

0
970

Sawangan | jurnaldepok.id
Warga di wilayah Sawangan dan pengguna media sosial dihebohkan oleh aksi Munadi Sam, warga RT 06/04 Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, yang berhasil menarik Ikan Patin seberat 60 kg dari perairan Setu Sawangan.

Hal itu bermula ketika dirinya melakukan hoby memancingnya di Setu Sawangan. Dirinya tak menyangka bisa mendapatkan ikan berukuran stengah kuwintal lebih dari setu yang juga terkenal angker tersebut.

“Saat memakan umpan, ikan itu menariknya luar biasa. Saya sampai naik ke getek karena kalau dari daratan susah diangkatnya. Ketika naik getek pun sensasinya luar biasa, saya bagaikan naik banana boots di pantai karena tarikan ikan sangat kencang sekali,” ujar Sam kepada Jurnal Depok, Jumat (8/9).



Ia menambahkan, butuh waktu dan perjuangan agar ikan bisa naik ke daratan, dikarenakan ikan mengeluarkan tenaga yang luar biasa. Setelah berusaha sekitar 1,5 jam, akhirnya tenaga ikan mulai berkurang dan Ikan Patin yang berusia diperkirakan lebih dari 20 tahun itu berhasil diangkat kedaratan.

“Saat itu ikan terus melawan, sampai-sampai saya dibawa hingga ke ujung setu. Kesulitannya ikan selalu naik turun dan itu membuat saya kewalahan. Sekira 1,5 jam, ikan akhirnya menyerah dan langsung saya naikkan ke atas getek,” paparnya didampingi rekannya, Sahrul Kubil.

Untuk mendapatkan ikan yang berkelamin perempuan itu, Sam menggunakan mata pancing ukuran 14 inci, ril standar 6.000 dan kenur atau benang berukuran 0,35mm.

Dikatakan Sam, bahwa dirinya telah sering mendapatkan Ikan Patin berukuran besar mulai dari 25kg, 30kg, 40kg, 50kg dan yang kemarin ia dapat beratnya mencapai 60kg. Sementara umpan yang digunakan Sam sangat sederhana yakni berupa pelet.

“Saya biasanya mancing di sini seminggu bisa tiga kali, liat waktu senggang. Memang Ikan Jenis Patin di setu ini cukup banyak dan terus berkembang biak. Yang kemarin saya dapatkan betina, berat telurnya saja mencapai satu setengah kilo,” ungkapnya.

Sebagai rasa syukur, ayah dua orang anak itu langsung menyate ikan dan menyantapnya bersama keluarga, tetangga hingga teman-teman nya penghoby mancing. n Rahmat Tarmuji


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here