Dari Depok untuk Rohingya

0
263
Salah satu ulama tengah melakukan orasi dalam akasi solidaritas untuk muslim Rohingya di Simpang Ramandha, Margonda

Margonda | jurnaldepok.id
Ratusan massa dari berbagai elemen masyarakat dan organisasi menggelar aksi solidaritas penggalangan dana untuk muslim Rohingya, Myanmar. Aksi tersebut digelar di Simpang Ramandha, Margonda Raya.

“Ini bentuk solidaritas kami sesama ummat manusia, terlebih bagi saudara-saudara kita yang berada di Rohingya. Kami sampai turun ke jalan karena kami melihat ada kesan pembiaran, dari itu kami berikan dukungan dan bantuan serta menyuarakan kepada masyarakat dunia khususnya masyarakat Indonesia dan Kota Depok untuk membantu,” ujar Ustad Khairullah Ahyari, Ketua Komite Kemanusiaan Kota Depok, Jumat (8/9).

Ia menjelaskan, bantuan yang dihimpun berupa bantuan materi, bantuan dukungan politik hingga dukungan doa. Pihaknya memang tidak menghimpun bantuan berupa barang, dikarenakan penyalurannya mengalami kesulitan teknis.



“Dengan adanya aksi ini dunia akan mendengar dan melihat proses tekanan politik dan keamanan. Dana ini dihimpun oleh komite, nantinya komite memberikan ajakan kepada masyarakat dan disalurkan kepada lembaga-lembaga yang bersifat nasional dan ada akses ke Myanmar,” paparnya.

Hasil penggalangan dana tersebut, sambungnya, akan dipublish minggu depan dikarenakan dalam beberapa hari ke depan pihaknya masih akan melakukan penggalangan dana baik di sekolah-sekolah maupun di wilayah.

Walikota Depok, Mohammad Idris menyambut baik atas aksi solidaritas yang dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat dan organisasi tersebut.

“Kami apresiasi atas niat baik dan kegiatan solidaritas kepada sesama di Myanmar, ini bukti rasa persaudaraan dan persatuan umat di Indonesia semakin terasa hangat. Insha Alloh ini menjadi keberkahan dalam kehidupan bangsa dan Negara khususnya Kota Depok,” tanggapnya.

Idris yang juga menjadi khotib pada pelaksanaan Sholat Jum’at menyampaikan, esensi dan manfaat persaudaraan dalam Islam serta perlunya aksi solidaritas berupa bantuan dana, dukungan politik dan doa.

“Makanya, dalam Sholat Jum’at tadi (kemarin,red) kami bacakan juga Qunut Nazilah,” ungkapnya.

Terlihat dalam aksi tersebut Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Depok, Hj Qonita Luthfiyah. Ia mengaku, bahwa sudah menjadi kewajibannya untuk saling membantu sesama muslim.

“Kami tentu merasa senang dapat bergabung dalam aksi solidaritas semacam ini. Mungkin saat ini hanya inilah yang kami bisa lakukan untuk warga Rohingya. Sebagai anggota DPRD pun kami mendorong agar pemerintah mengambil tindakkan konkret. Alhamdulillah, hal tersebut mulai dilakukan,” terangnya.

Sedikitnya 300 massa terlibat dalam aksi solidaritas tersebut, mereka berasal dari 28 organisasi massa, OKP dan elemen masyarakat. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here