Kadin Serahkan 130 Kios

0
200

Margonda | jurnaldepok.id
Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kota Depok menyerahkan bantuan 130 kios kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Depok Town Square (Detos). Kios itu diberikan secara gratis tanpa uang sewa selama satu tahun ke depan.

Ketua Kadin Kota Depok, Miftah Sunandar mengatakan penyerahan bantuan 130 kios tersebut merupakan langkah awal dari target 200 kios yang akan diserahkan pada Oktober 2017. Para pelaku usaha hanya tinggal membayar pemeliharaan gedung dan membuka kiosnya.

“Target kami adalah membuka 1000 kios gratis pada akhir tahun 2017. Dengan demikian, kami telah ikut berpastisipasi dalam program pemerintah Depok sahabat UMKM sekaligus meretas pengangguran,” ujarnya kepada Jurnal Depok, kemarin.



Dirinya menjelaskan pihaknya tak hanya memberikan kios gratis. Namun pelaku usaha juga diberikan pelatihan marketing online dan bantuan kerjasama bank bagi para pengusaha. Pihaknya juga akan rutin mengadakan kegiatan di sentra UMKM yang berada di Detos.

“Para pengusaha pemula ini tidak akan dilepas begitu saja. Tujuan Kadin adalah membina mereka agar usahanya semakin maju. Kemudian ditambah dengan pelatihan-pelatihan marketing sekaligus mengadakan hiburan seminar agar kios ramai pengunjung,” jelasnya.

Ia berharap, para pelaku UMKM di Depok mampu meningkatkan kesejahteraan mereka . Apalagi saat ini, banyak pelaku UMKM di Depok membuka usaha dilahan yang bukan tempatnya, bahkan di trotoar.

“Kadin ingin sekali UMKM di Depok terus tumbuh. Hal itu tentunya butuh dukungan pemerintah juga. Kedepan, Kota Depok harus memiliki sentra UMKM di Fasos atau Fasum yang legal,” ungkapnya

Ketua Tim Pelaksana Kerjasama Kadin Kota Depok, Despandri menambahkan program pemberian kios tersebut berhasil terlaksana berkat dukungan yang baik dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok.

Tak hanya membantu pelaku usaha, sambungnya, pihaknya juga memberikan keuntungan bagi pembeli. Karena, seluruh produk yang ada di kios tersebut dijamin dia lebih murah dari harga di kios lainnya.

“Kami senantiasa membantu pelaku UMKM dan pembeli. Karena itu, harga produknya tidak boleh mahal. Kalau mereka mahal tentu akan sepi, dan pedagang yang rugi sendiri,” tutupnya.

Sementara itu, salah seorang penerima kios, Eko menyampaikan terimakasihnya kepada KADIN Kota Depok yang telah memfasilitasi pelaku UMKM di Depok. Dirinya tak menyangka bisa berjualan di Detos.

“Sebelumnya kami berjualan berpindah-pindah dan sering diusir oleh petugas. Di sini kami dapat berjualan dengan nyaman, dengan harapan di sini ramai pembeli,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here