Arti Merdeka Di Mata HTA

Ketua DPRD Depok, Hendrik Tangke Allo saat membacakan teks proklamasi

Margonda | jurnaldepok.id
Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik Tangke Allo (HTA) menjadi salah satu petugas upacara pada peringatan HUT RI ke 72 yang digelar di Halaman Balaikota Depok. Kemarin, orang nomor satu di jajaran DPRD itu mendapatkan mandat untuk membacakan teks proklamasi.

Seusai mengikuti rangkain upacara, Hendrik mengungkapkan bahwa upacara HUT RI yang setiap tahun digelar jangan dijadikan ajang seremoni belaka. Namun, kata dia, harus ada esensi dari kegiatan tersebut.

“Merdeka harus dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya sebatas seremonial tiap tahun mengadakan upacara. Namun bagaimana masyarakat di bawah ini benar-benar merasakan arti dari kemerdekaan yang sesungguhnya,” ujar Hendrik kepada Jurnal Depok, Kamis (17/8).

Ia menambahkan, kemerdekaan yang dimaksud dapat ditinjau dari sisi kesehatan masyarakat, pendidikan hingga tingkat perekonomian masyarakatnya.

“Pertanyannya apakah itu sudah tercapai dengan baik atau belum?,” paparnya.

Esensi kemerdekaan bagi Kota Depok, Hendrik mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat yang belum merasakan hal itu. Di mana, masyarakat yang tidak mampu belum bisa mendapatkan atau dijamin kesehatannya.

“Begitu juga dengan pendidikan, masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan secara maksimal dari sarana dan pra sarananya,” ungkapnya.

Dari itu, Hendrik mendorong agar pemerintah kota dapat memberikan fasilitas pendidikan maupun kesehatan yang layak dan baik bagi masyarakat.

“Layanan publik juga harus ditingkatkan, begitu juga dengan perekonomian masyarakatnya. Masih banyak hal yang harus dibenahi kalau bicara esensi kemerdekaan di Kota Depok ini,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here