UPT Pendidikan Bakal Dibubarin?

0
555

Limo | jurnaldepok.id
Mantan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan TK-SD Kecamatan Beji, Manginar mengatakan tidak setuju dengan wacana pembubaran Stuktur Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di 11 wilayah kecamatan.

Dikatakannya, keberadaan UPT Pendidikan TK-SD sebagai kepanjangan tangan Disdik masih sangat dibutuhkan untuk percepatan pelayanan pendidikan formal khususnya Pendidikan Dasar (Dikdas).

“Repot sekali kalau keberadaan UPT Pendidikan dibubarkan karena jumlah pegawai di 11 kantor UPTP mencapai ratusan orang, belum lagi nanti setiap hari guru dan orang tua murid yang membutuhkan pelayanan terkait penyelenggaraan pendidikan, apakah harus mendatangi Dinas Pendidikan?. Ini sangat mustahil karena setiap hari kantor Disdik bisa dipenuhi oleh ratusan guru dan orang tua murid, ” ungkap Manginar yang kini berpindah tugas di Kantor Kecamatan Limo.



Dikatakan Manginar, banyak hal terkait penyelenggaraan pendidikan pelaksanaan program Disdik yang selama ini dapat dituntaskan di UPTP, jika UPTP dibubarkan maka semua hal terkait penyelenggaraan pendidikan itu akan menumpuk di Dinas Pendidikan dan tentu akan sangat merepotkan para pegawai Disdik nantinya.

“Saya berkeyakinan ini hanya sebatas wacana karena mungkin selama ini ada beberapa bidang program UPTP yang tidak epektif. Menurut hemat saya kalaupun itu alasannya maka tidak perlu ada pembubaran UPTP, tapi cukup dengan mengefektifkan tupoksi UPTP, ” kata Manginar yang juga pernah menjabat sebagai Kepala UPTP Kecamatan Limo.

Dia memprediksi, kalaupun akan ada pembubaran UPT Pendidikan, mungkin itu hanya bersifat sementara lalu kemudian pemerintah dalam hal ini Kemendikbud bakal membuat semacam kebijakan pengadaan pelayanan pendidikan sejenis UPT Pendidikan di setiap wilayah kecamatan.

“Hanya namanya saja yang berubah. Bisa juga wacana itu benar-benar dilaksanakan tapi kalaupun itu benar mungkin nanti akan ada semacama UPT juga, tapi namanya diubah namun tupoksi hampir sama dan mungkin ada perbaikan dan pengefektifan bidang tugas dan fungsi,” pungkas Manginar. n Asti Ediawan


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here