Papinlu Dilaunching

0
255

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok melaunching Padepokan Pintar Pemilu (Papinlu). Nantinya keberadaan Papinlu diharapkan mampu menjadi wadah maupun tempat edukasi bagi seluruh elemen masyarakat terkait pemilu.

“Ini sebagai pusat maupun sarana pendidikan pemilih untuk masyarakat. Indikator keberhasilan demokrasi yang berkualitas yakni pemilihnya berkualitas juga. Jika pemilihnya cerdas dan berkualitas maka pemimpin maupun wakil rakyat yang dipilih juga berkualitas,” ujar Nurhadi, Kepala Divisi Partisipasi Masyarakat dan Pengembangan SDM KPU Kota Depok, Jumat (11/8).

Ia menambahkan, Papinlu merupakan salah satu upaya KPU untuk mendidik para pemilih, dikarenakan pendidikan pemilih harus dilakukan secara bersama bukan hanya KPU saja melainkan partai politik dan unsur lain pun harus melakukan itu.



“Semua elemen masyarakat baik itu pelajar, mahasiswa, komunitas dan lainnya bisa datang ke sini unhtuk belajar demokrasi maupun mencari tahu terkait pemilu. Di sini kami sediakan pula beberapa ruangan seperti perpustakaan, galeri, workshop dan ruang audio visual,” paparnya.

Dirinya juga berharap bagi pemilih pemula dapat memanfaatkan Papinlu yang ada di KPU Depok, mengingat jumlah pemilih pemula pada pilgub mendatang cukup banyak.

“Ini bisa dimanfaatkan sebagai sarana bagi pemilih efektif, sehingga bisa mencerahkan masyarakat untuk cerdas memilih. Orientasi memilih itu bukan hanya kepada kekuasaan maupun uang saja, tapi masyarakat secara sadar memilih pemimpin yang memiliki tujuan dan mampu mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang hadir dalam kesempatan itu mengatkan Papinlu merupakan upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Idris juga meminta agar KPU dapat meningkatkan sosialisasi.

“Sosialisasi tidak hanya sekedar memberi tahu akan tetapi juga memberi kesadaran berdemokrasi dan mencerdaskan masyarakat terhadap politik dan demokrasi,” tandasnya.

Idris juga meminta KPU dapat bekerjasama dengan OPD yang secara langsung dengan tupoksinya seperti Kesbangpol.

“Dengan begitu kesertaan maupun partisipasi masyarakat dalam pemilu lebih meningkat, karena dengan itu dapat disosialisasikan kehidupan berdemokrasi yang telah disepakati sebagai sebuah system di dalam mewujudkan kehidupan politik kekuasaan di negeri ini,” jelasnya.

Sementara itu Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan yang hadir dan meresmikan langsung Padepokan Pintar Pemilu mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh KPU Depok.

“KPU RI baru saja meluncurkan tagline, tagline nya adalah KPU Melayani. Perlu diinformasikan bahwa tugas KPU itu hanya dua yakni melayani pemilih menggunakan hak voting dan melayani peserta pemilu secara adil,” terangnya.

Dirinya berharap, Papinlu milik KPU Depok dapat terbuka kepada siapapun, termasuk tidak salah bila KPU Depok melakukan kursus kepemiluan.

Hadir dalam kesempatan itu perwakilan partai politik, pelajar, kepala OPD dan unsur Forkopimda. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here