Koperasi Diminta Kendalikan Inflasi

0
223
Walikota Depok didampingi istri dan disaksikan Plt Sekda, DKUM, Dekopinda dan Polresta Depok saat membuka acara peringatan HUT Koperasi ke 70

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris meminta kepada pelaku koperasi dan UMKM yang ada di Depok turut andil dalam mengendalikan laju inflasi. Hal itu dikatakan Idris saat membuka acara HUT Koperasi ke 70 tingkat Kota Depok.

“Koperasi sebagai pilar perekonomian negara. Koperasi di Depok diharapkan dapat ikut mengendalikan inflasi. Membangun koperasi perlu semangat kebersamaan atau gotong royong dan semua agama mengajarkan gotong royong,” ujar Idris dalam sambutannya, Jumat (4/8).

Ia menambahkan, 70 persen dari keseimbangan perekonomian di Kota Depok berasal dari aktifnya UMKM dan koperasi. Dalam waktu dekat, komitmen pemerintah untuk bisa memajukan dan menggeliatkan UMKM dalam memfasilitasi khususnya pada bidang distribusi, akan direalisasikan dalam bentuk gerai UMKM.



“Kami berkomitmen dapat mendirikan satu gerai UMKM setingkat Kota Depok, Insha Allah dalam waktu dekat. Kami minta, bersama TAPD bisa dianggarkan tahun 2018 untuk pembangunan gerai UMKM bersama pengangaran pembuatan alun-alun kota. Kami akan membangun sekitar 500 kios-kios UMKM untuk bisa menjajakan produksinya di alun-alun kota nantinya, ” tuturnya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), M Fitriawan mengungkapkan pemerintah senantiasa memberikan perhatian penuh kepada koperasi yang ada di Kota Depok.

“Kegiatan yang kami lakukan terkait dengan pembinaan SDM maupun pelaku koperasi, baik pembinaan terhadap manager maupun ketua koperasi. Termasuk kami memberikan pendidikan dan pelatihan bagi pengawas koperasi,” tandasnya.

Hal itu dilakukan, kata dia, tak lain agar peran dan pengawasan koperasi lebih optimal. Dengan begitu diharapkan mampu menjaga ruang lingkup dari koperasi.

Dikatakannya, di tahun ini pihaknya telah melakukan sertifikasi bagi sekitar 50 pengurus koperasi yang ada di Depok. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dari ketua koperasi itu sendiri.

“Sertifikat itu merupakan bukti bahwa ketua koperasi memiliki kemampuan dasar dan optimal di dalam pengelolaan koperasi. Di tahun ini kami baru melakukan sertifikasi kepada 50 ketua koperasi, ini akan terus kami lakukan secara bertahap,” terangnya.

Ketua Dekopinda Kota Depok, H Teguh Prajitno mengungkapkan bahwa peran Pemerintah Kota Depok dalam memfasilitasi koperasi luar biasa.

“Kami disediakan sekretariat, penyuluhan maupun pembinaan. Begitu juga dengan para ketua koperasi yang difasilitasi mengikuti kopetensi dan sertifikasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada banyak kegiatan dalam peringatan HUT Koperasi ke 70 yang digelar sampai Minggu (6/8) di antaranya donor darah, pameran UKM, sarasehan koperasi, lomba tari, lomba mewarnai, khitanan massal, hiburan dan puncaknya pada hari Minggu akan diadakan jalan dan sepeda santai.

“Kami telah menyiapkan banyak doorprize, jadi silahkan bergabung untuk ikut jalan maupun sepeda santai,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here