Luncurkan Cefe Sepeda

Laporan: Rahmat Tarmuji
Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi, Badan Amil ZakaT Nasional (Baznas) Kota Depok meluncurkan Café Sepeda. Di mana, Baznas memberikan bantuan kepada 10 pedagang kecil dari 100 pedagang yang ditargetkan.

Ketua Baznas Kota Depok, KH Encep Hidayat menjelaskan, fungsi Baznas mengumpulkan yang pokok dan menyalurkan kepada yang berhak. Dana zakat didistribusikan secara bertahap yang nantinya akan dibagi dua seperti charity dan pemberdayaan.

“Pemberdayaan ini anjuran dari pusat sampai 70 persen, namun sekarang kami belum bisa karena bagaimana pun baik kajian Fiqih nya maupun relaitanya. Ini bagian dari pemberdayaan, meskipun saat ini porsi pemberdayaan masih sedikit, namun kami secara bertahap memenuhi anjuran 70-80 persen,” ujar Encep kepada Jurnal Depok.

Ia menambahkan, penerima manfaat dari Baznas melalui kegiatan Café Sepeda adalah mustahiq. Selain itu, orang yang dibantu tersebut bisa mandiri dan bisa mengubah dirinya dari mustahiq ke muzaki.

Diluncurkannya Café Sepeda oleh Baznas juga sebagai sarana publikasi, bagaimana nantinya Baznas bisa eksis di tengah-tengah masyarakat, programnya dapat dirasakan masyarakat dan programnya diketahui oleh masyarakat luas.

“Untuk satu unit sepeda berikut perlengkapan dan produk yang dijual seniali Rp 3 juta. Tujuannya agar mereka mandiri dan berdaya secara ekonomi. Diharapkan bertahap mereka menjadi muzaki,” terangnya yang didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Pendistribusian Baznas Kota Depok, Abdul Ghofar Hasan.

Pihak Baznas juga telah menyiapkan tim relawan untuk memantau kegiatan Café Sepeda, nantinya mereka didampingi oleh satu orang untuk membantu pengguna Café Sepeda.

Salah seorang penerima Café Sepeda, Hendra Pujianto tak henti-hentinya mengucapkan rasa syukur setelah diberikan satu unit sepeda beserta perlengkapan usaha.

“Alhamdulillah, tentu kami bersyukur atas adanya bantuan ini. Sebelumnya kami memang mengajukan bantuan untuk usaha semacam ini, tentu senang sekali,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here