Hari ke 3 SSA Masih Macet

0
183

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Pada hari ketiga pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA), kemacetan masih terjadi terjadi sejak pukul 07.00 WIB, Senin (31/7). Ruas kemacetan terjadi dari arah Mampang Pancoran Mas menuju Stasiun Depok.

Junaedi warga Mampang mengeluhkan kepadatan kendaraan. Bahkan dirinya yang biasa menggunakan jalan itu hanya 10 menit kini harus menempuh waktu hingga setengah jam. Menurutnya salah satu penyebab kemacetan adalah penumpukan kendaraan yang terjadi di beberapa jalan alternative.

“Salah satu penyebabnya itu karena pemberlakuan SSA itu. Jadi banyak orang yang nyari jalan tikus. Macetnya itu di Jalan Merpati, disitu sudah ada penumpukan kendaraan,” ujarnya.



Selain Junaedi, warga lain juga mengeluhkan yang sama. Siti mengaku bingung karena kini anaknya yang sekolah di SD Al Muhajirin kesulitan mencari angkot. Ia menuturkan biasanya angkot berhenti di depan gerbang sekolahnya. Namun kini dengan diberlakukannya SSA, angkot tersebut tidak bisa memutar balik.

“Saya jadi bingung anak saya kalau pulang sekolah gimana. Biasanya angkot suka muter di depan sekolahnya. Kalau pesen ojek online anaknya nggak boleh HP. Terkadang saya suka antar jemput anak, tapi kalau nggak sempat bagaimana ini. Saya harap pemerintah bisa imbau lagi aturannya,” katanya.

Warga lain Halimah yang anaknya sekolah di SD Anyelir yang berlokasi di Jalan Nusantara Raya juga mengeluhkan hal yang sama. Warga Pitara itu mengaku mengantar anaknya ke sekolah lebih pagi dari biasanya. Pasalnya ia kini harus memutar arah jika ingin ke sekolahnya.

“Saya biasanya dari Jalan Pitara langsung aja lurus terus kalau mau ke sekolah. Sekarang kan nggak bisa lurus, kalau mau ke Nusantara belok kiri dulu, kemudian masuknya ke jalan Rambutan, terus nanti nembusnya ke Jalan Merpati. Dari situ baru bisa ke Nusantara,” jelasnya.

Dia berharap pemerintah dapat mengkaji kembali aturan tersebut. Menurutnya selama ini aturan belum efektif. Karena arus kendaraan lancar hanya di titik tertentu saja. Malahan menimbulkan kemacetan baru. “Sekarang yang jadi macet itu jalan-jalan tikus atau jalan alterrnatif,” ucap Halimah.

Berdasarkan pantauan sekitar pukul 10.00 WIB, Jalan Arah Kartini menuju Jalan Margonda Raya. Jalan Dewi Sartika juga terlihat lengang. Kepadatan kendaraan mulai terjadi sore hingga malam hari.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Gandara Budiana menuturkan jika SSA direncanakan mulai Sabtu (29/7) hingga dua pekan ke depan. Pihaknya menerjunkan 160 personel untuk mengatur dan mengurai arus kendaraan. “Ada sekitar 160 personel yang berjaga-jaga di sekitar titik simpul maupun simpang keluar mobil atau motor supaya tidak tersendat,” tandasnya.nNur Komalasariy

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here